Hindari Menggunakan Air Terlalu Panas

Moms hawatir salah menyiapkan susu formula pada si kecil? Untuk membuat susu larut, banyak Moms yang menganggap air baru mendidih sebagai solusi yang terbaik. Padahal, sebaiknya suhu air untuk melarutkan susu bubuk formula yaitu temperatur sekitar 70 derajat Celcius. Untuk cara mudahnya yaitu mendiamkan air sekitar 30 menit setelah mendidih. Alasannya, air panas diperlukan agar membunuh bakteri yang mungkin ada dari susu bubuk formula, namun tidak sampai terlalu panas untuk mulut si kecil.
 

Hindari Menggunakan Air Terlalu Panas
source: https://www.ayahbunda.co.id


 

Langkah Menyiapkan Susu Formula yang Tepat


Supaya Moms lebih paham langkah yang tepat menyiapkan susu formula bayi, berikut ini uraian langkahnya :
  • Bersihkan tempat yang mommies gunakan untuk menyajikan susu formula. Jangan lupa juga untuk membersihkan tangan dengan air dan sabun sebelum menyajikan.
  • Siapkan botol susu yang sudah dibersihkan dan disterilkan.
  • Rebus air yang akan digunakan untuk menyeduh susu formula bubuk. Gunakan air hangat (tidak lebih dan tidak kurang dari 70° C) untuk menyeduh susu bubuk. Hal ini bertujuan untuk membunuh bakteri Enterobacter sakazakii yang mungkin terkandung dalam  susu formula bubuk. 
  • Siapkan susu formula bayi yang akan digunakan. Lihatlah tanggal kedaluwarsa pada kemasan susu tersebut untuk memastikan susu formula belum kedaluwarsan dan masih aman digunakan. Baca juga petunjuk penyajian yang tertera dalam kemasan. 
  • Masukkan beberapa sendok takar susu formula ke dalam air hangat di dalam botol (sesuai petunjuk penyajian). Setelah itu, aduk rata atau Moms bisa mengocoknya (pada botol yang sudah ditutup) sampai larut sempurna.
  • Dinginkan botol di bawah air dingin yang mengalir atau tempatkan botol dalam mangkuk yang berisi air dingin. Setelah itu, keringkan botol dengan lap bersih.
Langkah Menyiapkan Susu Formula yang Tepat
source: http://www.alodokter.com/

Nah, langkah ini harus Moms pahami dengan baik dan dilakukan. Jangan sampai ada yang keliru atau salah ya, Moms.
 

baca juga

Hindari Menghangatkan Susu Dalam Microwave

Kadang kebanyakan orang tua ingin tindakan praktis dalam menghangat susu dengan microwave. Namun hindari tindakan tersebut, karena dapat memanaskan susu secara tidak rata dan berisiko menyebabkan lidah dan mulut bayi terbakar. Jadi, dalam menyiapkan susu formula hal ini harus Moms hindari ya.
 

Hindari Menghangatkan Susu Dalam Microwave
source: https://hellosehat.com/

Sekarang, Moms tentu lebih paham mengenai cara menyiapkan susu formula bagi si kecil dengan tepat. Hal penting lain saat menyiapkan susu bubuk formula yaitu mencuci tangan dengan air dan sabun, kemudian dikeringkan. Demikian juga menjaga kebersihan perlengkapan dot dan botol. Cuci bersih dengan menggunakan sabun khusus, kemudian, sterilisasi peralatan tersebut.