Obat-Obatan Tertentu

Faktor pertama penghambat perkembangan janin adalah obat-obatan tertentu. Obat-obatan yang dijual bebas kadangkala dapat membantu meredakan gangguan kesehatan. Namun, bagi wanita hamil, hal tersebut perlu diwaspadai karena dapat berdampak pada perkembangan janin. Jika moms mengalami gangguan kesehatan, lebih baik periksakanlah diri moms  ke dokter terpercaya. Seandainya hendak mengonsumsi obat-obatan bebas, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

source: http://www.curhatbidan.com/


 

Latihan Fisik Berbahaya

Setiap ibu hamil memang dianjurkan melakukan olah fisik agar tubuh tetap segar dan bugar semasa hamil. Beberapa senam hamil juga dapat membantu kelancaran proses persalinan. Namun terkadang beberapa ibu melakukan olahraga berlebihan sehingga justru membahayakan perkembangan janin.

Oleh karena itu, sangat penting bagi moms mengikuti anjuran instruktur senam hamil dalam melakukan gerakan yang benar. Mengonsultasikan setiap olahraga yang akan dilakukan kepada dokter yang memantau kehamilan kamu juga merupakan langkah yang tepat.
 

source: http://www.dreamers.id


 

baca juga

Rokok dan Alhohol

Apakah moms suka mengonsumsi alkohol dan merokok? Demi si kecil, berhentilah merokok dalam kondisi hamil. Merokok atau mengonsumsi alkohol saat hamil sedikit banyak dapat memengaruhi perkembangan janin.

Bentuk pengaruh yang ditimbulkan bisa bermacam-macam, antara lain kurangnya berat badan bayi, gangguan morning sickness yang berlebihan, pendarahan, bahkan dapat menyebabkan keguguran atau perilaku menyimpang pada bayi saat dia sudah lahir.
 

source: http://magazine.orami.co.id/


 

Mengalami Penyakit Tertentu

Apakah moms punya penyakit tertentu yang bisa membahayakan perkembangan janin? Mengidap penyakit tertantu dimasa kehamilan bisa menimbulkan cacat janin, sehingga memberikan vaksinasi, seperti halnya varicella dan MMR (measles, Mumps, dan Rubella) perlu untuk diberikan kepada pasangan suami istri yang sedang merencanakan program kehamilan.
 

source: https://healthblog.uofmhealth.org


Nah, setelah mengetahui faktor penyebab perkembangan janin tersebut, moms  perlu menghindari yang perlu dihindari. Sedangkan untuk penyakit yang diderita, bisa konsultasikan pada dokter dan meminta resep yang tidak membahayakan janin moms ya.