1. Hitam dan Agak Lengket

BAB bayi yang terlihat kehitaman dan agak lengket merupakan feses pertama yang disebut dengan meconium. Tekstur feses ini menandakan kalau sistem pencernaan bayi sudah mulai bekerja karena telah menelan ASI. Warna feses yang kehitaman normal terjadi pada semua bayi yang baru lahir. 
 

source: http://thestir.cafemom.com


 

2. Kuning

BAB bayi berwarna kuning adalah pertanda baik, Moms. BAB kuning berarti bayi minum ASI dan warnanya akan tetap seperti itu hingga bayi mulai mengonsumsi makanan padat. Apabila feses bayi berwarna kuning kehijauan dan ada bintik-bintik putih, itu berarti bayi meminum susu formula. 
 

source: http://infosehatwanita.com


 

baca juga

3. Hijau Kecokelatan

Apabila menemukan BAB bayi berwarna hijau kecokelatan dan cukup sering, maka ada kemungkinan bayi sedang mengalami diare. Selain berwarna hijau, biasanya diare juga ditandai dengan tekstur agak berlendir, dan berbau tajam. Ini semua akibat bagian dalam perut bayi bekerja terlalu keras. Tetap susui bayi seperti biasa dan apabila tidak kunjung sembuh, segera bawa bayi ke dokter. 
 

source: https://www.momtricks.com


 

4. Kemerahan

Ada beberapa kondisi BAB bayi yang disertai dengan kemerahan yang perlu Moms waspadai dan segera membawa bayi ke dokter, di antaranya apabila warna BAB kuning kemerahan maka kemungkinan bayi alergi dengan protein, sembelit yang disertai dengan darah menunjukkan bayi mengalami wasir atau infeksi pada anus. Selain itu, keluar darah saat BAB juga merupakan akibat dari infeksi bakteri. 
 

source: http://www.ummi-online.com


 

baca juga

5. Warna Pucat

Kalau menemukan BAB bayi berwarna pucat, maka kemungkinan bagian usus gagal melakukan menyerapan. Feses berwarna pucat dan bertekstur seperti lemak juga bisa menandakan adanya gangguan pada hati. Segera hubungi dokter kalau hal ini terjadi pada si kecil ya, Moms! 
 

source: https://www.babycenter.com


 

6. Butiran Kecokelatan

Kalau BAB bayi keluarnya seperti butiran dan berwarna kecokelatan, maka bayi sedang mengalami sembelit atau konstipasi. Tetap berikan ASI dan untuk bayi yang sudah MPASI, coba berikan pepaya untuk melancarkan pencernaannya. 
 

source: http://www.natsnextadventure.com