1. Kulit Kusam dan Gelap

Masalah kulit pasca melahirkan memang disebabkan oleh perubahan hormon yang naik turun. Nah, perubahan hormon tersebut menyebabkan munculnya masalah kulit, yang disebut melasma. Melasma adalah keluarnya bercak-bercak pada bagian kulit wajah yang terpapar matahari, seperti dahi, pipi, dan daerah sekitar bibir.

Kulit wajah akan terlihat lebih gelap dan kusam. Apalagi masalah ini akan berubah drastis pada masa setelah melahirkan karena kadar air dan garam dalam tubuh akan menurun, sehingga kulit terlihat tidak segar. 
 

source: http://shopify.com


 

2. Strech Mark

Stretch mark merupakan guratan yang sering nampak pada kulit bagian tubuh letak lemak terkonsentrasi, seperti di payudara, perut atas, lengan atas, pantat, dan paha. Guratan yang mulanya berwarna merah, merah muda, atau ungu ini lama kelamaan akan berubah menjadi warna putih atau kelabu, tergantung pada warna kulit.

Biasanya setelah melahirkan strech mark atau guratan kehamilan akan muncul di perut, payudara, paha, pinggul dan lainnya.Untuk mengatasinya moms bisa menggunakan krim khusus penghilang strech mark yang saat ini sudah banyak sekali dijual di apotek dan supermarket. 
 

source: https://uvderm.com


 

baca juga

3. Urtikaria 

Gejala urtikaria biasanya seperti gatal-gatal, kaligata, atau biduran dimana kondisi kelainan kulit ini berupa reaksi vaskular terhadap bermacam-macam sebab, biasanya disebabkan oleh suatu reaksi alergi, yang mempunyai ciri-ciri berupa kulit kemerahan (eritema).

Meskipun pada umumnya penyebab urtikaria diketahui karena rekasi alergi terhadap alergen tertentu, tetapi pada kondisi lain dimana tidak diketahui penyebabnya secara signifikan, maka dikenal istilah urtikaria idiopatik. Untuk mengatasi masalah kulit ini, moms wajib segera memeriksakannya ke dokter spesialis kulit. 
 

source: https://myhealing.files.wordpress.com


 

4. Kulit Kering 

Perubahan hormon seringkali membuat kulit kehilangan kelembaban sehingga menyebabkan kondisi kulit kering dan mengelupas. Untuk mengatasi kekeringan moms bisa menggunakan pembersih ringan dan mengandung banyak pelembab.

Untuk beberapa bagian tubuh yang juga mengalami kekeringan, moms bisa menggunakan lotion yang mengandung shea butter atau minyak zaitun. Selain itu moms juga bisa mencampurkan cairan aroma terapi ke dalam bak mandi yang bisa melembabkan kulit tubuh. 
 

source: https://mydailymagazine.com