1. Rendam dengan Air Hangat

Untuk menjaga selimut dari kuman atau bakteri yang membahayakan kulit bayi, ada baiknya moms merendam selimut dengan air hangat sebelum mencucinya. Hal ini diperlukan untuk membunuh kuman yang menempel apalagi jika selimut tersebut terkena kotoran bayi ketika buang air besar. Rendam selimut sekitar 15 menit kemudian baru mencucinya menggunakan detergen. 
 

source: https://notonthehighstreet.com


 

2. Gunakan Deterjen Khusus

Bebapa bayi banyak mengalami kulit sensitif oleh karena itu harus menggunakan sabun atau deterjen khusus. Hal ini karena kulit bayi yang sensitif lebih rentan terkena gangguan kulit,seperti alergi, eksim dan ruam merah.

Namun, bagi bayi yang tidak memiliki gangguan kulit sensitif, moms dapat menggunakan deterjen yang biasa digunakan untuk mencuci baju atau selimut anggota keluarga yang lain. 
 

source: https://hellosehat.com


 

baca juga

3. Pisahkan Selimut dengan Pakaian Orang Dewasa

Untuk menghindari kuman atau bakteri menempel dari pakaian orang dewasa, sebaiknya moms memisahkan selimut saat ingin mencucinya. Hal tersebut juga untuk menghindari selimut terkena noda warna dari pakaian yang mudah luntur.

Selain itu ada baiknya moms tidak menggunakan mesin cuci saat ingin mencuci selimut Si kecil. Hal ini agar noda-noda yang tidak terlihat dapat dibersihkan atau dikucek menggunakan tangan. 
 

source: https://www.stayathomemum.com


 

4. Perhatikan Bahan Selimut

Jika selimut Si kecil terbuat dari bahan katun, tidak masalah jika moms ingin mencucinya dengan menggunakan mesin cuci. Namun, jika selimut menggunakan material bulu-bulu atau woll ada baiknya kucek atau bersihkan menggunakan tangan secara lembut, agar bulu tidak mudah rontok. Selain itu perhatikan juga ketika menjemur, pastikan tempat menjemur benar-benar panas agar seluruh permukaan selimut dan bulu benar-benar kering. 
 

source: http://Moromoro.com

Seringkali moms juga melakukan cara yang salah saat menghilangkan noda membandel di pakaian. Nah, jangan sampai hal itu terjadi terus-menerus ya, moms. Tak hanya untuk baju bayi, tapi berlaku juga untuk pakaian seluruh anggota keluarga.