1. Peningkatan Hormon

Pada umunya wanita hamil yang mengalami gangguan kulit seperti jerawat saat usia kehamilan di trimester pertama. Ketika hamil, jerawat timbul dari hasil meningkatnya hormon di sistem tubuh yang pada gilirannya meningkatkan produksi minyak alami di kulit. Diketahui, hormon yang meningkat memicu kelenjar sebaceous yang memproduksi lebih banyak minyak atau sebum (kelenjar minyak) di kulit ibu hamil. Sebum ini dikombinasikan dengan sel-sel mati, kotoran, dan debu yang menutup pori-pori di kulit moms sehingga menciptakan ruang untuk bakteri berkembang. 

source: https://firsttimemommn.com

2. Tidak Langsung Mencuci Muka

Ketika habis ber-makeup atau terkena debu sebaiknya moms jangan menunda-nunda untuk segera membersihkan wajah. Hal ini kelihatannya sepele namun sangat penting untuk menghindari tumbuhnya jerawat semakin banyak. Selain itu ada baiknya moms menggunakan sabun cuci muka yang memiliki kandungan alami agar tidak berbahaya bagi janin. Saat ini banyak dijua sabun cuci muka yang dibuat dengan bahan alami seperti ekstrak bunga dan buah-buahan. 

source: https://bhskin.com
baca juga

3. Makanan Berlemak

Memang merupakan hal wajar bagi ibu hamil akan mengalami sering lapar dan bawaannya ingin ngemil terus. Namun, moms harus memerhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh lho. Jika terlalu sering mengonsumsi makanan yang digoreng dan tinggi lemak, maka hal itu juga bisa menimbulkan jerawat lho. Sebaiknya sertakan menu buah dan sayur di menu makan siang dan malam moms, untuk menyeimbangkan antara serat dan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh. 

source: http://parents.com

4. Stres

Meski sedang hamil banyak wanita yang mengalami gangguan psikologi seperti stres karena kondisi tertentu. Hal ini memang sulit untuk dihindari, namun moms harus mengelola rasa stress atau depresi tersebut demi kesehatan moms dan janin. Kondisi psikologi akan mempengaruhi hormon yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat. 

source: http://parenting.com