Posisi Terlentang (Usia 0-3 bulan)

Apakah si kecil  berusia 0-3 bulan? Jika demikian tentu si kecil memang belum bisa banyak berinteraksi. Perkembangan motorik kasar dan halusnya juga belum sempurna. Itulah sebabnya posisi tidur bayi usia 0-3 bulan hanya terlentang saja. Walau telentang adalah posisi tidur paling nyaman untuk bayi di usia ini, namun posisi ini mudah membuatnya terbangun. Sedangkan kelebihannya adalah si kecil lebih aman dari risiko SIDS atau suddent infant death syndrome dan sleep apnea (berhenti napas saat tidur). Selain itu, di usia ini sebaiknya hindari penggunaan bantal bayi untuk tidur si kecil ya agar terhindar dari risiko SIDS.
 

source: https://hamil.co.id/


 

Posisi Tengkurap (Usia > 3 bulan)

Posisi tidur bayi sesuai usianya yang lain seperti tengkurap juga menjadi favorit beberapa bayi, umumnya yang sudah berusia 3 bulan lebih. Di usia tersebut bayi sudah mampu membolak-balikkan badannya sendiri serta sudah kuat mengangkat kepalanya. Sayangnya, posisi ini meningkatkan risiko SIDS, terutama untuk bayi di bawah 12 bulan karena jantungnya masih lemah. Jadi, hindari juga penggunaan bantal bayi di usia ini ya, Moms. Bayi yang suka tidur tengkurap biasanya memiliki bentuk kepala lebih bagus, lho!

source: https://bidanku.com/t


 

baca juga

Posisi Miring Samping (>3 bulan)

Selain posisi tengkurap, bayi di atas 3 bulan juga sudah bisa tidur dalam posisi miring samping. Biasanya si kecil akan tidur dalam posisi ini kalau sedang menyusu. Posisi ini baik untuk mempermudah proses pengosongan lambung. Menghindari penggunaan bantal bayi di usia ini juga perlu dilakukan ya, Moms. Selain itu, jangan lupa untuk rutin mengganti posisi miring kanan dan kiri agar kepala si kecil tidak mengalami sakit kepala ya, Moms!

source: https://hamil.co.id/

Bagaimana, Moms? Sudah sampai mana posisi tidur bayi kamu? Perhatikan dan awasi selalu perkembangan bayi Anda. Buatlah anak  merasakan kenyamanan dan ia dapat tidur dengan terlelap. Jika Moms menginginkan kepala bayi yang bagus, bukan berarti bayi anda harus ditidurkan dengan posisi tengkurap. Ketika bayi bangun, ajaklah bermain dalam suasana yang gembira yang baik bagi psikis dan kesehatannya.