1. Menu Bubur Susu

Menu bubur susu biasanya menjadi menu andalan untuk MPASI pertama anak. Tekstur bubur yang lembut dengan rasa susu yang berasal dari ASI perah relatif lebih familiar di lidah anak sehingga anak akan lebih mudah beradaptasi dengan makanan barunya. 
 

source: https://resepmpasi.com/


Bahan :

  • 10 gr tepung sagu/maizena/kacang hijau/beras. (Jangan gunakan tepung terigu)
  • ASI perah secukupnya

Cara Membuat :

Masak tepung dengan tambahan sedikit air hingga mengental. Jika sudah matang, tuang ke dalam mangkuk bayi bersama dengan ASI perah. Aduk hingga rata.
 


2. Bubur Beras Merah

Selain bubur susu, bubur beras merah juga dianjurkan karena kandungan vitamin B1, B6, dan B12 dalam beras merah sangatlah penting untuk tumbuh kembangnya. Bubur beras merah juga memiliki tekstur dan rasa disukai oleh kebanyakan bayi. MPASI pertama bagi anak memang membuatnya kaget. Tapi dengan menu ini pasti dia langsung suka. 

 

source: https://lifeblogid.com/


Bahan :

  • Beras merah 
  • ASI secukupnya

Cara Membuat :

Masak beras merah menjadi bubur. Jika sudah matang, saring agar beras menjadi lebih halus. Kemudian, campur beras merah yang sudah disaring dengan ASI perah dalam mangkuk bayi.
 

baca juga


3. Puree Bayam Labu Kuning

Sayur sebagai MPASI pertama anak? Menu MPASI berbahan dasar sayur-sayuran juga recommended untuk kamu coba. Salah satu menu yang disukai oleh para bayi adalah puree bayam labu kuning. Tidak hanya enak, menu yang satu ini juga sangat bergizi, lho!
 

source: http://mamadananak1.blogspot.com/


Bahan : 

  • 50 gr daging ayam (cuci bersih dan potong-potong)
  • 50 gr labu kuning, (cuci bersih dan potong-potong)
  • 25 gr bayam (cuci bersih)
  • ASI perah secukpnya

Cara Membuat :

  1. Rebus labu kuning dan ayam hingga matang.
  2. Lalu masukan bayam ke dalam panci rebusan hingga lunak
  3. Angkat semua bahan, tiriskan.
  4. Haluskan bahan-bahan yang sudah direbus, campurkan dengan ASI perah dan aduk hingga rata.


4. Puree Apel

Untuk camilan bayi, kamu juga dapat membuat menu MPASI yang terbuat dari buah-buahan. Salah satu buah yang disukai oleh anak adalah apel. Tidak hanya enak, beragam manfaat berupa vitamin dan serat dapat diserap dengan baik oleh anak.
 

source: http://www.solusisehatku.com/


Bahan :

  • 50 gr apel (kupas, potong-potong dan cuci bersih)
  • ASI perah secukupnya

Cara Membuat :

Kukus apel yang sudah dipotong-potong hingga lunak. Kemudian haluskan bersama dengan ASI perah yang sudah kamu siapkan. Terakhir, saring kembali puree yang sudah dihaluskan agar teksturnya semakin lembut.