Menu Vegetarian Untuk Bayi


MPASI vegetarian sebenarnya kurang lebih sama dengan MPASI dengan pendekatan sayur-sayuran. Dengan kata lain, menu yang disajikan akan lebih meminimalisir pemberian daging, ikan dan seafood. Menu vegetarian biasanya dipilih orang tua untuk mengatasi anak-anak yang memiliki alergi pada makanan-makanan seperti daging, ikan, atau seafood. 
 

source: https://www.all4women.co.za/


 

Manfaat MP ASI Vegetarian


Meskipun hanya mengonsumsi MPASI vegetarian yang hanya mengandung sayur dan buah, anak tidak akan mengalami gangguan pada tumbuh kembangnya. Sebab beberapa menu kacang-kacangan dan buah ternyata sudah dapat memberikan asupan protein dan lemak baik untuk anak. Tidak hanya itu, anak juga dapat menjadi lebih bisa beradaptasi dengan buah dan sayuran sehingga dapat memperoleh asupan serat, vitamin, dan mineral yang cukup. Dengan begitu, bisa dipastikan anakmu dapat terhindar dari risiko kelebihan kolesterol dan obesitas. 

 

source: http://www.proeves.com/


Selain itu, anak yang tumbuh dengan asupan vegan-vegetarian sejak dini akan tumbuh menjadi anak yang sehat, aktif, bahkan menunjukkan tingkat kecerdasan lebih tinggi. Hal ini juga disebabkan mereka tidak mengalami defisiensi protein atau zat besi karena kebutuhannya sudah dipenuhi makanan oleh menu vegan yang telah difortifikasi.
 

baca juga

Tips Menu Untuk MP ASI Vegetarian

source: https://www.eatrightontario.ca/

 

  • Hal terpenting yang harus kamu persiapkan untuk menyiapkan menu MPASI vegetarian anak adalah dengan mencari sebanyak-banyaknya informasi mengenai asupan vegetarian untuk anak. Hal ini penting untuk memastikan kamu memiliki pengetahuan yang cukup dalam memilih menu MP ASI anak vegetarian.
  • Disarankan untuk memberikan menu MPASI vegetarian Lacto-ovo atau Ovo saja, yaitu menu vegetarian dengan menu telur dan susu atau telur saja. Hal ini penting untuk memberikan asupan protein baik dari telur dan susu atau produk olahan susu lain seperti keju dan yogurt. 
  • Apabila anakmu sama sekali tidak mengonsumsi protein hewani, pastikan kamu memberikan menu dengan kandungan zat besi tinggi seperti sayuran hijau. Selain itu, tingkatkan juga asupan vitamin C untuk mengoptimalkan proses penyerapan zat besi. 
  • Pastikan Mommy selalu melakukan konsultasi dengan dokter dan ahli gizi untuk memastikan asupan gizi anak terpenuhi dengan baik sehingga tumbuh kembangnya berjalan dengan sempurna.