Kembali Menjadi Ibu Bekerja


Hal pertama yang harus kamu sadari adalah keinginan dan ambisi besar untuk mengembangkan karir serta aktualisasi diri. Jika kamu merasa keinginan ini masih tersimpan di dalam benakmu, maka potensi untuk kembali menjadi ibu bekerja adalah suatu hal yang bisa diperjuangkan. Diskusikanlah mengenai hal ini dengan pasangan untuk mendapatkan solusi terbaik. Selain itu, cermati hal-hal berikut ini yang menandakan anak-anakmu sudah siap dilepas dan kamu dapat kembali bekerja :
 

Kembali Menjadi Ibu Bekerja
source: https://www.huffingtonpost.com/


 


1. Anak Sudah Sekolah

Jangan sesekali berpikir untuk meninggalkan anak saat ia belum memasuki usia sekolah. Masa-masa ini merupakan periode emas di mana orang tua harus selalu ada di sampingnya untuk membangun kedekatan dan kepercayaan yang nantinya berpengaruh pada pendidikan anak selanjutnya. Namun, jika anakmu sudah mulai masuk sekolah, kamu dapat mulai mempertimbangkan untuk melanjutkan karirmu kembali.
 

Kembali Menjadi Ibu Bekerja
source: http://www.motherhoodcenter.com/


 

baca juga


2. Sudah Terbangun Kedekatan Yang Baik Dengan Anak

Pastikan kamu memang sudah memiliki hubungan yang dekat dengan anak. Hal ini penting agar kamu tetap menjadi orang nomor satu yang dijadikan tempat berkeluh kesah dan menceritakan segala hal. Jangan pernah anggap remeh kedekatan dengan anak karena akan berdampak langsung pada perkembangan karakter dan sifat anak nantinya.
 

Kembali Menjadi Ibu Bekerja
source: https://www.today.com/


 


3. Diskusikan Dengan Anak

Jika kamu sudah memiliki kedekatan yang baik dengan anak, tentu komunikasimu dengannya juga dapat berjalan dengan baik. Diskusikan padanya tentang rencanamu untuk kembali bekerja. Tanyakan bagaimana pendapatnya dan mintalah saran jika ada hal yang masih perlu dipertimbangkan. 
 

Kembali Menjadi Ibu Bekerja
source: https://fairygodboss.com/


 

baca juga


4. Pastikan Anak Tidak Memiliki Masalah Di Sekolah

Terakhir, pastikan juga anak tidak memiliki masalah apapun di sekolah ataupun lingkungan bermainnya. Hal ini penting agar kamu dapat bekerja dengan baik tanpa harus memikirkan kondisi anakmu yang bermasalah.
 

Kembali Menjadi Ibu Bekerja
source: https://blogs.brighthorizons.com/


Setelah hal-hal tersebut terpenuhi, pastikan kamu terus memperhatikan anak dengan menyediakan waktu keluarga setiap pagi dan malam hari. Menjadi ibu bekerja memang tidak mudah, tapi asalkan kamu dapat disiplin dalam menerapkan segala aturan dengan baik, maka semuanya akan berjalan dengan lancar.