Pastikan Tanganmu Bersih Saat Mengganti Popok


Tangan yang kotor dapat menghantarkan kuman ke kulit bayi yang masih sensitif. Jadi bersihkan dahulu tanganmu, kalau perlu dengan antiseptik, sebelum menganti popok si kecil.

source: http://www.eatright.org/resource/homefoodsafety/four-steps/wash/hand-washing


 

Segera Ganti Popok yang Sudah Kotor


Popok kotor yang terlalu lama dipakai adalah penyebab paling umum jika bayi mengalami ruam. Oleh karena itu, segera ganti popok yang masih dipakai dengan yang baru agar terhindar dari bakteri yang menyebabkan ruam semakin parah. Rajin-rajinlah mengecek popok bayi agar popok tidak terlalu penuh dan kotor.

source: http://perawatanbayi.com/cara-mengatasi-ruam-popok-pada-bayi


 

baca juga

Pastikan Kulit Bayi Benar-benar Kering dan Bersih


Sebelum dipakaikan popok, pastikan kulit bayi benar-benar kering dan bersih dair urin dan feses agar tidak lembab dan mengakibatkan bakteri mudah menyebar di kulit bayi.

source: http://lampung.tribunnews.com/2015/11/26/bayi-menangis-saat-pantatnya-diusap-pertanda-ruam-popok


 

Oleskan Krim atau Salep untuk Mengobati Ruam


Krim atau salep khusus ruam dapat kamu beli di apotik. Krim ini dapat membantu mempercepat penyembuhan ruam popok pada bayi. Akan tetapi sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter agar mengetahui keamanannya.

source: http://bidanku.com/mengatas-dan-mencegah-ruam-popok-pada-bayi


 

baca juga

Pakaikan Popok Sesuai dengan Ukuran Bayi


Jika ruam terjadi karena popok terlalu ketat di kuitya, gantilah dengan ukuran yang lebh besar. Ini akan membantu kulit si kecil untuk bisa lebih nyaman dengan popok yang sesuai dengan ukurannya.

source: http://wartakesehatan.com/51975/ini-alasan-bayi-sering-kena-pantat-burik?page=6