BAB Bayi


Pada awal kelahiranya, BAB bayi akan mengalami beberapa kali perubahan warna dan tekstur. Saat awal lahir, feses yang keluar akan memiliki warna gelap kehitaman. Feses ini biasa disebut dengan mekonium, yaitu isi usus bayi saat berada di dalam kandungan. Lalu, dalam tiga hari selanjutnya feses bayi akan perlahan berubah menjadi kehijauan. Hingga akhirnya akan berubah menjadi kuning saat bayi memasuki hari kelima kelahirannya.
 

source: http://babycarejournals.com/


BAB berwarna hijau di awal kelahiran memang hal yang wajar terjadi. Namun, bagaimana jika BAB bayi kembali berubah menjadi hijau setelah usianya lebih dari 1 bulan? Kebanyakan orang beranggapan bahwa ini merupakan pertanda bahwa bayi tidak bisa mencerna asupannya dengan baik. Nah, untuk lebih jelasnya, simak penjabaran mengenai penyebab BAB bayi berwarna hijau berikut ini. 
 


Makanan / Obat Ibu Konsumsi

Makanan atau obat-obatan yang dikonsumsi oleh ibu menyusui akan mempengaruhi kandungan dari ASI yang diproduksi. Kemudian akan diserap oleh bayi sebagai makanannya. Jika kamu mengonsumi makanan yang banyak mengandung sayuran hijau atau pewarna makanan hijau jangan heran kalau kotoran bayimu juga akan menjadi berwarna hijau. Tidak hanya makanan, beberapa jenis obat seperti antibiotik dan suplemen zinc juga akan mengubah warna kotoran bayi menjadi hijau.
 

source: https://www.babycenter.com/


Makanan yang dikonsumsi bayi

Namun, tidak hanya ibu, makanan pendamping ASI yang diberikan pada bayi saat memasuki usia 6 bulan juga akan mempengaruhi bentuk dan warna kotoran si kecil. Biasanya warna hijau pada BAB bayi berasal dari beragam makanan berwarna hijau seperti bubur kacang, kacang polong, dan bayam.
 

baca juga


Bayi Sedang Sakit

Apabila kotoran bayimu berwarna hijau, padahal kamu sama sekali tidak mengonsumsi obat-obatan atau makanan yang mengandung sayuran hijau, kamu perlu curiga dengan kondisi kesehatannya. Salah satu dampak dari perut bayi yang terserang virus adalah perubahan warna dan konsistensi pada BAB. Waspada juga dengan pemberian susu formula yang berpotensi mengakibatkan BAB bayi berwarna hijau.
 

source: https://similac.ca/


 


Faktor Foremilk atau Hindmilk

Tingkat keseimbangan asupan foremilk dan hindmilk ternyata sangatlah penting bagi bayi. Foremilk adalah ASI dengan tekstur encer yang keluar di awal saat ibu menyusui. Sedangkan hindmilk merupakan ASI yang memiliki tekstur lebih kental dan keluar saat akhir  menyusui. Biasanya, foremilk mempunyai kandungan kalori rendah, dan laktosa yang lebih tinggi. Berbeda dengan hindmilk yang kandungan lemaknya lebih tinggi. Jika bayi terlalu banyak mengonsumsi foremilk, BAB bayi akan berubah warna menjadi hijau. Untuk mengatasinya, kamu dapat membiarkan si kecil menyusu pada satu payudara lebih lama agar dapat mendapatkan asupan lemak susu yang tinggi. 
 

source: https://www.pbs.org/


 

baca juga


Bayi Sensitif dan Alergi

Waspada juga ada indikasi pencernaan yang sensitif atau alergi terhadap makanan ataupun obat-obatan tertentu. Kamu dapat mencurigai BAB bayi yang berwarna hijau dan disertai lendir yang mungkin timbul akibat masalah pencernaan. 
 

source: https://lilstar.tv/


Nah, itulah beberapa penyebab yang mungkin mengakibatkan warna BAB bayi berubah menjadi hijau. Semoga bermanfaat ya, Moms!