1. Bersihkan Kulit Bayi dengan Air Hangat

Salah satu cara mengatasi bayi jerawatan adalah dengan memandikannya. Saat memandikan Si kecil, usahakan moms menggunakan air hangat dan sabun khusus bayi yang mengandung pelembab dan bebas minyak. Usap-usapkan sabun pada tubuh dan wajahnya secara lembut. Ada baiknya jangan mencuci wajah bayi lebih dari satu kali sehari. Karena terlalu sering mencuci kulit bayi bisa menyebabkan iritasi, sehingga kelenjar minyak memproduksi minyak berlebih dan akhirnya memperparah jerawat bayi.

source: https://www.drgreene.com

2. Jangan Digosok Terlalu Sering
 

Biasanya bayi jerawatan disebabkan oleh kelenjar lemak yang terlalu aktif, dan bukan karena kotoran. Oleh sebab itu menggosok kulit bayi hanya akan menyebabkan ia mengalami iritasi dan produksi minyak menjadi lebih banyak. Sebaiknya moms gunakan spons lembut atau lap berbahan terry untuk mengelap kulit bayi. Usapkan secara lembut ketika mandi dan jangan terlalu menggosok kulitnya untuk menghindari jerawat pecah dan menyebabkan luka. 
source: http://www.newkidscenter.com
baca juga

3. Hindari Lotion Berminyak

Perlu diingat, sebaiknya moms menghindari penggunaan lotion atau krim mengandung minyak yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. Alangkah lebih baik moms memilih pelembab bayi sekaligus pencuci muka daripada menggunakan lotion, kecuali bila Si kecil memiliki kulit yang sangat kering. Selain itu gunakan sabun bayi yang mengandung pelembab saat moms membersihkan kulitnya untuk mencegah kulit kering dan dan segera keringkan tubuh bayi setelah moms memandikannya. 

source: http://momjunction.com

4. Hindari Mengajak Bayi Bepergian di Siang Hari

Cuaca panas terlebih di siang hari akan membuat Si keci berkeringat dan itu akan memperparah bintik-bintik merah alias jerawat di tubuh dan juga wajahnya. Terlebih jika baju basah karena keringat tidak langsung diganti, maka akan membuat bakteri tumbuh dan jerawat pada tubuh bayi akan bertambah banyak. Jika dalam keadaan yang mengharuskan moms beraktivitas di siang hari bersama Si kecil, ada baiknya membawa beberapa pakaian ganti dengan bahan lembut tipis dan menyerap keringat. Selain itu bawalah kipas kecil agar Si kecil tidak terlalu kepanasan. 
 

source: http://dailymail.co.uk