1. Air Liur Lebih Banyak

Ketika anak tumbuh gigi, memproduksi air liur akan lebih banyak dari biasanya dan akan lebih mudah mengeces. Bahkan ada beberapa bayi akan mengalami ruam-ruam merah di sekitar mulut, dagu, dan leher lho, moms. Untuk mengatasinya, selalu sediakan kain lembut atau tisu untuk mengusap air liur Si kecil atau pakaikan bayi celemek yang halus dan mudah menyerap air. Selain itu, perlu diketahui pada umumnya gigi bayi mulai tumbuh saat usianya menjelang usia 3 atau 4 bulan.

Buat New Moms, Ini Lho Tandanya Anak Tumbuh Gigi
source: https://www.parsegard.com

2. Susah Makan

Ciri lainnya anak tumbuh gigi adalah ia akan menolak ketika diberi makanan karena rasa yang tidak nyaman pada gusi. Biasanya hanya ASI yang bisa membuat bayi  menjadi tenang, namun saat tumbuh gigi justru ia merasa tidak nyaman. Saat meminum ASI akan membuat gusinya semakin sakit dan Si kecil akan menjadi rewel. Selain itu apabila bayi sudah mengkonsumsi MPASI, ia juga biasanya menolak untuk disuapi makanan. Untuk mengatasinya, berikan bayi teethter (mainan untuk digigit) atau gosok-gosok gusi Si kecil menggunakan kain kasa untuk mengurangi rasa sakit. 

Buat New Moms, Ini Lho Tandanya Anak Tumbuh Gigi
source: http://www.motherjones.com
baca juga

3. Menarik-narik telinga dan Menggaruk Pipi

Tanda lain yang harus moms perhatikan saat anak tumbuh gigi adalah ia akan sering menarik-narik telinganya atau menggaruk pipinya ketika giginya mau tumbuh. Hal ini dikarenakan gusi akan terasa sedikit gatal dan tak nyaman namun ia tidak bisa menggarukanya ke bagian dalam mulut. Untuk menghindari cakaran pada kulit pipinya karena sering menggaruk, sebaiknya berikan dia teether atau menggosok-gosok gusinya menggunakan kain kasa dingin untuk mengurangi rasa gatal dan sakit. 

Buat New Moms, Ini Lho Tandanya Anak Tumbuh Gigi
source: http://parents.com

4. Sering Menggigit-gigit

Rasa sakit dan tekanan yang ditimbulkan oleh gigi yang akan keluar melalui gusi biasanya menyebabkan Si kecil merasa tidak nyaman. Nah, rasa tidak nyaman tersebut baisanya ia lampiaskan dengan menggigit apapun yang ada di dekatnya seperti mainan hingga puting susu ibu. Untuk menghindari puting moms terluka atau sakit, berikan dia mainan teether atau biskuit khusus bayi untuk membuatnya tenang. 

Buat New Moms, Ini Lho Tandanya Anak Tumbuh Gigi
source: http://parenting.com