Assalamu'alaykum moms!

Terkadang suka bingung ya moms menyusun menu sarapan untuk besok sekaligus bisa dijadikan bekal si kecil. Waktu yang terkadang sangat sempit membuat kita jadi tergesa-gesa menyiapkan makanan sehingga membatasi kita untuk berkreasi.

Nah kali ini saya ingin berbagi satu resep yang sangat simpel tapi dijamin enak deg moms asal ikuti step-stepnya dengan benar. Aslinya resep ini punya Ibu Tintin Rayner, selebgram favorit saya karena beliau nggak pelit berbagi resep dan ilmu per-baking-an. 



Hasil akhir Pancake ini super fluffy, moist dan empuk, bahkan tetap empuk meski sudah adem lho moms. Jadi rahasia si pancake ini tetap empuk ada di penggunaan Buttermilk. Ada yang tau apa itu Buttermilk? Pertama kali saya mendengar kata "Buttermilk" yang terbayang di pikiran saya adalah campuran antara mentega (butter) dan susu (milk). Hayooo moms berpikir seperti itu juga nggak?

Menurut om Wikihow, Buttermilk adalah susu yang dihasilkan sebagai produk samping pembuatan mentega dari krim yang difermentasi. Buttermilk sendiri memiliki citarasa yang asam, sedikit manis, dan sangat kental. Tapi sayangnya, sangat sulit menemukan produk Buttermilk di supermarket. Jadi alternatifnya, kita bisa membuat sendiri buttermilk dengan mencampurkan air perasan jeruk lemon ke dalam susu.


​​​​​

Untuk topping pancakenya moms bisa pakai bahan-bahan yang ada sesuai selera ya. Saya menggunakan selai strawberry homemade. Moms bisa pakai maple syrup, madu, selai cokelat, selai blueberry, bahkan es krim! Nah, moms penasaran bagaimana cara membuatnya? Yuk simak resepnya yaa.


Buttermilk Pancake
Source: @tintinrayner
Recook: @iik.muzdalifah


Bahan yang perlu dipersiapkan untuk Pancake:
130 gram tepung terigu
1/4 sdt vanilla bubuk
1 sdt baking powder (pastikan baru/masih bagus)
1/2 sdt baking soda (pastikan baru/masih bagus)
1/4 sdt garam halus
1,5 sdm gula pasir
1 butir telur ukuran besar
130-150 ml buttermilk (susu yang dicampur dengan 2 sdm air perasan lemon/nipis dan didiamkan selama 10 menit)
2 sdm butter

​​​​​​Bahan Selai Strawberry Homemade:
7 buah strawberry
1 sdm gula pasir
30 ml air putih matang

Cara Membuatnya:
1. Buat buttermilknya terlebih dahulu moms. Campur 2 sdm air jeruk lemon ke dalam susu lalu diamkan selama 10 menit. Kemudian lelehkan butter, asal leleh saja ya moms jangan sampai cair berwarna bening.
2. Campurkan semua bahan kering dalam satu wadah. Kemudian masukkan telur, buttermilk, dan lelehan butter. Aduk asal rata saja moms, jangan sampai licin. Pengadukan yang berlebihan bisa menyebabkan pancake menjadi bantat.



3. Siapkan teflon ukurannya sesuai selera saja moms. Nyalakan api sedang cenderung kecil. Tuangkan adonan, biarkan sampai terbentuk lubang-lubang di permukaannya. Kemudian balik pancake, dan biarkan sekitar 1 menit sampai matang. Angkat.



4. Untuk selai strawberry bisa dimulai dengan mencincang buah strawberry. Kemudian campurkan dengan air dan gula pasir. Masak sampai air menjadi kental.
5. Sajikan pancake dengan selai strawberry atau topping lain kesukaan moms dan si kecil. Enjoy!



Selamat mencoba ya moms.