1. Gunakan Teether 

Teether merupakan jenis mainan khusus yang terbuat dari silicone (karet) dan bisa digigit-gigit oleh si kecil untuk mengurangi rasa gatal dan nyeri pada gusi. Sebelum digunakan ada baiknya terlebih dahulu masukkan teether ke dalam lemari es (bukan freezer), agar bayi merasa lebih nyaman dengan rasa dingin. Selain itu moms sebaiknya membeli teether dengan kualitas baik dan jangan asal harga murah karena justru dapat membahayakan pertumbuhan gigi anak.

source: http://babybabysg.com

2. Tekan-tekan Gusi Si Kecil

Ketika bayi tumbuh gigi, ia akan merasakan tidak nyaman pada gusi seperti rasa nyeri, gatal dan pegal. Nah, untuk mengurangi rasa sakitnya moms bisa menekan-nekan gusi si kecil menggunakan jari tangan moms yang sudah dilapisi kain kasa steril. Tekanan jari pada gusi si kecil akan membuat dia tenang karena rasa nyeri akan berkurang. Selain itu moms juga bisa merendam kain kasa terlebih dahulu dengan air dingin, untuk mengurangi rasa sakit di gusi. Pastikan kain kasa tersebut streril dan masih baru ya, moms. 

source: http://karismasusu.co.id
baca juga

3. Berikan Buah Beku

Memberikan Si kecil buah beku juga salah satu cara ampuh untuk meringankan rasa sakit atau gatal pada gusi bayi. Buah beku akan meringankan rasa sakit dan bayi akan merasa senang karena diberikan camilan enak dan dingin. Pastikan buah tersebut memiliki rasa yang cukup enak dan manis, seperti buah naga, melon atau pisang. Selain itu moms juga harus memerhatikan ketika Si kecil mengonsumsi buah dingin tersebut untuk menghindari ia tersedak buah. 

source: http://www.babygourmet.com

4. Beri Obat Penghilang Rasa Sakit

Jika Si kecil terus menerus rewel dan rasa sakit pada gusinya tak kunjung sembuh, ada baiknya moms membawanya ke dokter. Dokter mungkin akan memberi resep obat penghilang rasa sakit dalam dosis yang sesuai dan aman untuk Si kecil.  Hal yang paling penting adalah, jangan sekali-kali memberikan obat peghilang rasa sakit tanpa anjuran dokter alias membelinya sendiri di apotek ya, moms. Karena obat tersebut belum tentu cocok untuk Si kecil dan berisiko mengganggu pertumbuhan gigi anak. . 

source: http://chatterblock.com