1. Bawang Merah

Penyebab diare anak juga bisa disebabkan oleh faktor cuaca yang membuatnya mudah masuk angin dan diare. Cara alami dan berkhasiat yang bisa moms gunakan adalah dengan menggosok tubuhnya dengan bawang merah. Caranya mudah kok, potong bawang merah menadi dua bagian dan gosokkan bawang yang sudah dioleskan oleh sedikit minyak telon atau minyak kelapa ke bagian tubuh bayi. Moms bisa menggosokkannya secara lembut di bagian punggung, perut hingga ke pinggang. 

source: http://www.erabaru.net

2. Larutan Elektrolit
 

Seperti diketahui, larutan  atau cairan yang mengandung elektrolit juga bisa membantu cara mengatasi diare pada bayi. Namun jika ingin memberikan cairan elektrolit ini sebaiknya harus mendapatkan ijin dari dokter ya, moms. Selain itu jika si kecil masih mengonsumsi ASI, teruslah menyusui bayi secara teratur karena ASI sangat bermanfaat bagi kekebalan tubuh bayi. 

source: http://cloudinary.com
baca juga

3. Stop Susu Formula

Penggunaan susu formula yang berganti-ganti atau tidak cocok juga salah satu penyebab terbesar Si kecil mengalami diare Susu formula mengandung gula yang bisa membuat diare menjadi lebih parah. Selain itu susu formula yang berasal dari susu sapi juga bisa menyebabkan bayi mengalami reaksi alergi terhadap protein susu. Sebaiknya moms terus menerus secara intens memberi Si kecil ASI sampai diarenya sembuh. 

source: http://nocamels.com

4. Saus Apel

Wah, di India ternyata saus apel digunakan sebagai salah satu obat diare anak yang cukup berkhasiat lho, moms. Perlu diketahui,  apel mengandung pektin yang merupakan senyawa ampuh yang membantu penyerapan air oleh usus halus dan usus besar bayi. Selain itu obat ini sudah terbukti aman dan tidak menimbulkan efek apapun. Cara membuatnya pun sangat mudah, pertama potong satu buah apel jadi beberapa bagian, rebus hingga lembut, kemudian tambahkan satu sendok makan gula dan pala secukupnya. Selanjutnya haluskan menggunakan blender dan berikan makanan ini pada Si kecil. 

source: http://ensavoirculinaire.blogspot.co.id