1. Gunakan Minyak Jarak

Minyak tradisional yang berasal dari tumbuhan jarak ini dapat menghindari masalah kulit saat hamil seperti strechmark dan juga jerawat. Minyak jarak ini kaya akan vitamin E, mineral, protein, omega 6 dan 9 serta asam lemak yang baik bagi kulit. Caranya mudah kok moms, oleskan minyak jarak pada area yang rentan stretch mark seperti perut, paha, bokong dan pinggul dan diamkan sekitar 5 sampai 10 menit.

source: https://www.deherba.com

2. Langsung Mencuci Muka Setelah Beraktivitas

Debu polusi yang berasal dari luar sangat mudah masuk ke pori-pori wajah dan menyebabkan timbulnya jerawat. Terlebih jika moms beraktivitas di siang hari dan berkeringat, maka produksi minyak akan lebih banyak dan kuman akan mudah masuk yang menimbulkan jerawat. Sebaiknya segeralah mencuci muka dengan sabun khusus oil free agar kotoran tidak cepat meresap ke dalam wajah. 

source: https://verywell.com
baca juga

3. Kompres Wajah dengan Es Batu

Pori-pori wajah yang terbuka akan memudahkan kotoran masuk ke dalam dan menyebabkan timbulnya jerawat. Rajin-rajinlah mengompres wajah dengan es batu untuk menutup pori-pori yang terbuka sehingga mencegah timbulnya jerawat. Selain itu es batu juga dapat menghilangkan garis hitam di bawah mata dan kulit kusam jika dilakukan secara teratur lho, moms. 

source: https://steptohealth.com

4. Mengonsumsi Sayur dan Buah

Masalah kulit saat hamil harus dirawat dari luar dan dari dalam tubuh juga, moms. Konsumsi makanan sehat tinggi antioksidan seperti sayur dan buah. Selain melancarkan pencernaan, rutin mengonsumsi sayur dan buah setiap hari juga dapat membuat kulit kenyal dan juga menghindari penuaan dini. Sayur dan buah yang dapat dikonsumsi setiap hari seperti brokoli, alpukat , wortel, apel, dan juga bayam. 

source: https://www.sciencedaily.com