1. Dudukan Bayi Sofa

Saat Si kecil sudah bisa tengkurap sendiri, membalikkan badannya atau berguling-guling dengan mudah, tahap perkembangan selanjutnya adalah bayi belajar duduk. Pada umumnya bayi sudah mulai belajar duduk saat usianya mencapai 5-6 bulan. Cara mudah yang pertama membantu Si kecil duduk adalah dengan mendudukan ia di sofa sembari menjaganya tanpa harus memegang tangannya. Perhatikan keseimbangan tubuhnya dan biarkan bayi belajar menopang berat badannya sendiri. Berikan ia mainan agar bayi duduk dengan fokus tanpa bantuan apapun. 

source: http://pedulisehat.info

2. Latih Dia Untuk Menjaga Keseimbangan 

Langkah selanjutnya untuk melatih bayi duduk sendiri adalah dengan mengajarkan ia untuk menjaga keseimbangan. Selain itu bayi juga harus dilatih untuk menopang berat badannya sendiri agat dia bisa duduk sendiri dengan tegap. Caranya moms bisa mendudukannya dilantai sembari memegangi bagian tangan atau punggungnya. Selanjutnya biarkan Si kecil menggerak-gerakan tangannya agar dia bisa menjaga kesimbangannya sendiri. 

source: http://bebeclub.co.id
baca juga

3. Stimulasi dengan Mainan

Melatih Si kecil untuk belajar duduk setiap hari sangat penting agar membuat ia rajin bergerak dan tidak pasif. Cara lainnya moms bisa menstimulasi Si kecil dengan mainan favoritnya untuk memancing dia bergerak. Biarkan ia mengambil mainan tersebut dengan kedua tangannya, hal ini untuk melatih keseimbangan tubuh dan juga kekuatan leher dalam menopang kepalanya. 

source: https://www.kidsii.com

4. Terus Awasi Si Kecil 

Saat-saat awal berlatih duduk bayi belum sepenuhnya bisa menopang kepala dan menegakkan tubuhnya secara sempurna. Oleh sebab itu moms harus tetap megawasinya dan memberikan pelindung di sekitar ia duduk seperti bantal guling atau yang bisa menjaga dia jika terjatuh ke belakang. Selain itu moms juga harus bersabar dan tidak perlu khawatir jika Si kecil agak terlalu lama belajar duduk sendiri. 

source: https://lifeblogid.com