1. Keracunan Makanan

Tidak dapat dipungkiri anak-anak selalu ingin mencoba berbagai jenis makanan apapun yang ia lihat. Berbagai jajanan yang ada di jalan sudah pasti anak-anak selalu merengek pada Sang ibu untuk minta dibelikan. Namu, terkadang tanpa kita sadari makanan tersebut belum tentu baik dan bahkan mengandung bakteri yang bisa menyebabkan anak diare. Nah, lebih baik moms melarang jika Si kecil meminta dibelikan makanan di pinggir jalan yang belum tentu terjamin kebersihannya, untuk menghindari penyakit  seperti diare.

source: http://www.emresident.org

2. Masuk Angin

Cuaca hujan dan angin kencang seperti sekarang membuat anak sangat mudah terkena masuk angin dan kembung yang menyebabkan anak diare. Apalagi jika Si kecil suka bermain air atau hujan-hujanan yang bisa membuatnya masuk angin hingga demam. Untuk mengatasinya moms bisa memberikannya minuman hangat seperti air jahe, atau mengusapkan tubuhnya dengan potongan bawang merah yang dicampur sedikit dengan minyak kelapa. 

source: https://Livestrong.com
baca juga

3. Jarang Mencuci Tangan 

Yang namanya anak-anak sangat suka mengeksplore apapun yang ia lihat dan sembarang menyentuh apapun tanpa peduli bersih atau kotor. Terlebih anak-anak yang suka sekali bermain di halaman rumah dan menyentuh apapun termasuk tanah dan jenis tanaman lainnya. Tanpa mencuci mencuci tangan setelah memegang berbagai benda kotor, tentunya kuman serta bakteri sangat mudah masuk ke dalam tubuh yang menyebabkan anak diare. Kuman dan nakteri tersebut tentunya menempel pada kuku-kuku dan sela-sela jari yang digunakan untuk makan. 

source: http://cloverjelly.com

4. Obat Antibiotik

Saat anak sedang sakit biasanya dokter selalu memberikan antibiotik untuk membunuh bakteri-bakteri penyebab penyakit. Namun, tidak semua tubuh anak bisa menerima antibiotik tersebut dan banyak yang terkena efek samping, yakni diare. Untuk mengatasinya moms wajib berkonsultasi dengan dokter apakah Si kecil wajib mengonsumsi antiobiotik tersebut atau tidak. 

source: http://TheJournal.ie