1. Sudah Retak

Meski belum sampai bocor, dot bayi yang sudah retak sebaiknya segera diganti karena selain bakteri bisa masuk, botol yang retak dikhawatirkan bisa melukai bibir atau tangan Si kecil. Selain itu moms juga perlu menghindari botol susu yang terbuat dari kaca karena khawatir akan mudah pecah dan berbahaya bagi Si kecil. 

Penting! Ini 4 Tanda Dot Bayi Harus Segera Diganti
source: http://www.tipsanakbayi.com

2. Karet Empeng yang Sudah Robek

Bagian paling atas dot bayi alias karet empeng yang sudah robek akan membuat susu di dalam botol mudah tumpah. Apalagi jika susu tersebut masuk ke mata atau ke hidung anak maka Si kecil bisa tersedak. Ujung karet empeng dengan lubang yang sudah besar karena robek juga akan menyulitkan bayi untuk menghisap, karen air susu keluar begitu saja. Ada baiknya moms memilih karet empeng dengan kualitas baik dan tak mudah robek ya. 

Penting! Ini 4 Tanda Dot Bayi Harus Segera Diganti
source: http://medicaldaily.com
baca juga

3. Botol yang Sudah Berwarna Keruh atau Kuning 

Warna botol yang berwarna keruh atau kuning, menandakan botol sudah terlalu lama digunakan dan saatnya untuk diganti. Jika dibiarkan terlalu lama dan masih tetap digunakan oleh Si kecil, dikhawatirkan terdapat bakteri dalam botol tersebut yang bisa menyebaabkan anak terserah masalah pencernaan. Ada baiknya moms mengganti dot bayi setidaknya 3-4 bulan sekali untuk menjaga kebersihan dan kesehatan Si kecil. 

 

Penting! Ini 4 Tanda Dot Bayi Harus Segera Diganti
source: https://howclean.blogspot.co.id

4. Terdapat Goresan Pada Botol

Selain yang berwarna keruh atau buram, dot bayi yang sudah saatnya harus diganti jika terdapat goresan atau guratan-guratan pada botol.  Sebenarnya sangat penting untuk mengganti dot tepat waktu, karena ASI memiliki kandungan lemak protein tinggi dimana sangat disukai oleh bakteri. Nah, jika lemak tersebut masuk dalam goresan mikro di dalam botol dan botol tidak dibersihkan dengan benar, maka lemak tersebut akan mengundang bakteri.
 

Penting! Ini 4 Tanda Dot Bayi Harus Segera Diganti
source: http://static.flickr.com