1. Hindari Penggunaan Retinoid

Merawat kulit muka saat hamil memang tidak mudah. Kamu harus telaten memerhatikan setiap kandungan setiap produk. Misalnya seperti produk perawatan yang mengandung retinoid memang bagus untuk digunakan untuk mengurangi keriput, jerawat, dan stretch mark. Tapi saat Moms hamil, sebaiknya hindari sama sekali skincare dengan retinoid, baik yang berbentuk oral (isotretinoin), maupun bentuk topikal (seperti Retin-A, yang digunakan untuk mengobati jerawat ringan) karena zat ini dicurigai dapat menyebabkan cacat lahir pada bayi. 

source: https://www.livestrong.com


 

2. Batasi Penggunaan Obat Jerawat dengan Kandungan Asam Salisilat

Asam salisilat atau asam beta-hidroksi adalah zat paling umum yang terkandung di dalam obat jerawat. Zat in ampuh untuk mengobati jerawat karena membantu pengelupasan lapisan kulit mati yang bisa menyumbat pori-pori. Tapi jika diminum secara oral selama kehamilan, hal itu bisa menyebabkan komplikasi dan bahkan cacat lahir. So, hati-hati merawat kulit muka saat hamil ya, Moms! 

source: http://www.thehealthsite.com


 

baca juga

3. Berhati-Hati saat Waxing

Moms, hati-hatilah saat berniat untuk melakukan perawatan berupa menghilangkan bulu atau waxing. Ternyata waxing termasuk proses yang perlu dipertimbangkan untuk tidak dilakukan selama masa-masa kehamilan karena berisiko menyebabkan rambut tumbuh ke dalam atau infeksi jika tidak dilakukan dengan baik. Kalaupun Moms masih kekeuh ingin melakukannya maka pilihlah salon yang bersih dan profesional. 
 
source: https://www.livestrong.com


 

4. Hindari Suntik Botox dan Lip Fillers

Merawat kulit muka saat hamil berarti memerhatikan setiap kandungan produk yang akan masuk ke kulit. Jika Moms berpikir untuk melakukan suntik botox dan lip fillers selama kehamilan, kemungkinan para ahli dermatologi akan memberlikan penolakan. Meski perawatan ini dilakukan oleh profesional yang terlatih, namun tidak bisa dijamin bahwa suntik botox dan lip fillers aman untuk digunakan selama kehamilan. Lebih baik Moms menunggu bayi lahir, baru melakukannya ya! 

source: https://hellodoktor.com


 

baca juga

5. Hindari Penggunaan Sabun Antiseptik

Perubahan hormon sangat berpengaruh pada kondisi kulit. Sebagian besar wanita merasakan kulitnya cenderung kering selama kehamilan. Penggunaan sabun mandi antiseptik justru akan mendukung kondisi kulit menjadi semakin kering. Sebaiknya gunakan sabun sifatnya melembutkan kulit.
 

 

source: https://momactivity.com


 

6. Home-made Masker

Daripada melakukan perawatan mahal dan mengandung zat kimia, lebih baik Moms merelakskan diri dengan membuat home-made masker. Merawat kulit muka saat hamil seperti inilah yang aman. Gunakan buah-buahan segar, yang disesuaikan dengan kebutuhan kulit. Misalnya, untuk Moms yang berkulit kering, gunakan racikan masker dari buah alpukat yang dihancurkan. Sebaliknya untuk kulit yang cenderung berminyak, gunakan irisan buah lemon untuk mengurangi kilap pada permukaan kulit wajah.

source: http://womansway.ie