Pentingnya Kecerdasan IQ


Salah satu dari tiga komponen kecerdasan manusia yang cukup populer dikenal di masyarakat adalah IQ atau kecerdasan intelektual. Pada dasarnya, baik itu Kecerdasan Intelektual (IQ), Kecerdasan Emosional (EQ) maupun Kecerdasan Spiritual (SQ), ketiganya sangatlah penting dalam perkembangan anak. Akan tetapi, tidak bisa dipungkiri bahwa kecerdasan intelektual memiliki peran tersendiri dalam proses belajar anak.
 

source: https://www.foodnavigator.com/


Meskipun tidak dapat dijadikan patokan penentu prestasi dan kesuksesan, level IQ dapat dijadikan acuan potensi anak untuk dapat mengembangkan minatnya. khususnya yang berhubungan dengan perkembangan kognitif.
 

Ciri-Ciri Anak Ber-IQ Tinggi


1. Banyak Bertanya
Anak yang cerdas secara alami akan memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Jadi, jangan heran apabila anakmu sering mempertanyakan segala sesuatu dengan sangat detail, seperti misalnya pertanyaan “Bagaimana”, “Apa”, “Di mana”, “Mengapa”, dan “Kapan” tentang sesuatu hal yang belum ia pahami secara menyeluruh. Hal ini menandakan ia memiliki motivasi tinggi untuk banyak tahu, atau dengan kata lain memiliki kecerdasan yang sangat baik.

2. Daya Ingat Yang Kuat
Jika anakmu dapat mengingat perkataan dengan sangat cepat, kamu patut mengidentifikasi IQ tinggi yang ia miliki. Kemampuan ini dapat terus kamu asah dan tingkatkan dengan memberikan mainan yang memperkuat daya ingat.

3. Cepat Membaca
Jangan bingung jika anakmu cepat sekali belajar membaca. Hal ini dapat mengindikasi level IQ-nya yang tinggi. Jika ia sudah mulai mahir membaca, teruslah asah kemampuan dan minatnya untuk membaca agar anak dapat menimba ilmu lebih banyak dari bacaan-bacaan ringan.

4. Lebih Berbaur Dengan Orang Dewasa
Apabila anakmu lebih bisa berbaur dengan orang yang lebih dewasa dibandingkan dengan kawan seumurnya, bisa dipastikan ia memang memiliki kecerdasan yang di atas rata-rata.

5. Belajar Mendalam Tentang Subjek Kesukaannya
Apakah anakmu menyukai sejarah dinosaurus hingga menghafal semua jenis dan spesiesnya? Atau mungkin mengenal jenis-jenis sayur dan buah beserta manfaatnya? Hal ini mengindikasi kecerdasan luar biasa yang berkembang di otaknya. Teruslah memfasilitasinya dengan buku dan informasi untuk mengasah kemampuannya lebih baik lagi.

 

source: https://www.iq-test.net/


 

baca juga

Anak-Anak Dengan IQ Tinggi


Berikut ini adalah beberapa contoh anak yang terkenal dengan kecerdasan kognitif luar biasa yang didukung oleh level IQ yang tinggi :

Brielle
 

youtube:7nGz7xgGJzc
source: https://www.youtube.com/watch?v=7nGz7xgGJzc
Adorable 3-Year-Old Periodic Table Expert Brielle


Balita berusia 3 tahun ini sudah mampu menghafal tabel periodik. Hebat, ya!
 


Nate
 

youtube:LX3UPJ6qW9A
source: https://www.youtube.com/watch?v=LX3UPJ6qW9A
One-of-a-Kind 5-Year-Old Geography Expert Nate Is Back


Begitu pula dengan anak laki-laki lima tahun bernama Nate yang merupakan ahli Geografi.

Nah, itulah beberapa hal yang dapat kamu ketahui untuk mengidentifikasi kecerdasan intelektual anak. Semoga bermanfaat, ya!