Masih bercerita tentang MPASI, yang menjadi kegalauan ibu-ibu adalah “boleh gak sih mpasi pakai bubur instant?”. Di era sekarang ini, perkembangan ilmu dan teknologi memang semakin maju ya, Moms. Oleh karena itu, beberapa tahun belakangan ini MPASI pun sudah memiliki aturan nya sendiri. Gak tanggung-tanggung, WHO alias organisasi kesehatan dunia pun membahas tentang MPASI lho moms. Sekarang MPASI sudah ada aturan nya, berbeda banget dengan mpasi jaman dulu. Jaman dulu emak-emak bebas banget kasih makan anak di umur 4 bulan, jaman sekarang sudah diatur bahwa MPASI itu boleh saat anak umur 180 hari atau 6 bulan. Tetapi kalau anak ada hal tertentu, dokter spesialis anak terkadang akan menyarankan MPASI dini (sebelum 6 bulan), eitsss... tapi itu biasanya hanya karena ada hal-hal tertentu aja ya, Moms, dan benar-benar harus sesuai saran dokter aja.

Di tengah maraknya MPASI homemade, kini resep mpasi bisa kita temui dimana saja ya, Moms. Di instagram, di cookpad, di blog, banyak banget ibu-ibu yang sharing resep MPASI anak dari 6 bulan. Jadi ini memang memudahkan banget ya kita untuk mencari inspirasi untuk membuat makanan homemade untuk anak. Tapi yang juga booming selain MPASI homemade adalah bubur instant, bubur yang hanya tinggal seduh, yang diklaim banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan anak. Merk nya bermacam-macam dan rasa nya pun memang sangat bervariasi (dan iklan nya pun sangat menarik, hehe). Lalu pertanyaan muncul, sebenarnya boleh engga sih kita kasih bubur instant untuk bayi/anak ?

Sejujurnya, saat anakku, Gya, sudah MPASI, aku memang seringnya memberikan homemade sih alias membuat sendiri. Tapi gak bisa dipungkiri  kadang aku perlu juga yang nama nya bubur instant terutama disaat-saat darurat. Misalnya disaat aku gak masak (baca : males masak), disaat sedang terburu-buru tidak sempat menyiapkan makanan, disaat anak bosan dengan makanan, dan disaat-saat darurat lainnya, disitulah aku butuh bubur instant yang hanya tinggal seduh. Tenang Moms, bubur instant sesekali it’s OK kok. Bubur instant juga bukan sebuah racun yang harus dihindari, apalagi bubur instant sekarang ini banyak banget jenisnya  dan tentunya sudah memiliki takaran gizi tertentu. Jadi memang mengandung zat gizi yang dibuuhkan untuk anak. Walaupun buatan pabrik, tapi pasti produsen nya sudah menjamin kualitas isinya tetap terjaga dan steril kan, Moms.

Jadi ketika ibu-ibu bingung “boleh gak memberi anak mpasi instant?” Menurutku boleh-boleh saja  ya, Moms. Tapi gak perlu tiap hari lho ya, karena bagaimana pun MPASI homemade adalah yang terbaik. Yang perlu diperhatikan kalau Moms mau memberi bubur instant untuk anak, perhatikan dulu ya komposisinya. Biasanya di kemasan tertera kadar gula dan garam nya juga. Lebih bagus lagi kalau Moms pilih yang rendah  kadar gula dan garam nya ya karena anak MPASI dibawah 1 tahun belum boleh menggunakan gula garam terutama yang berlebihan. Beragam merk, beragam rasa, beragam pula nutrisinya, jadi untuk pilihan mana yang terbaik itu balik lagi ke pilihan ibu masing-masing ya. Selamat ber-MPASI moms... :)