Nah nah setelah curhatan Ibun yang panjang lebar di blog sebelumnya soal billirubin. Yuk ini saatnya kita cari tahu, apa sih billirubin?. Oh iya, tulisan kali ini hasil rangkuman dari beberapa artikel terpercaya di google ya bukibuk. Kalau mau tahu lebih lengkapnya, bukibuk bisa googling ada banyak sekali artikel yang membahas ini. Dan percayalah, sebelumnya Ibun sama sekali tidak tahu apa itu billirubin sampai Alta yang mengalami. 

 

Tahukah anda bukibuk jika menurut penelitian 60% bayi baru lahir mengalami kuning atau jaudice karena billirubin tinggi?. Jadi, billirubin itu senyawa hasil pemecahan sel darah merah yang dikeluarkan lewat plasenta. Setelah bayi dilahirkan, normalnya bayi bisa mengeluarkan sendiri billirubinnya karna jika tidak akan terjadi penumpukan dan inilah cikal bakal penyakit morning ooo orkuning. Kuning pada bayi baru lahir merupakan hal yang wajar tapi jika dibiarkan bisa membahayakan bayi karna dapat menyebabkan kebutaan, kelumpuhan otak yang bisa menyebabkan penurunan kecerdasan, dan lain-lain (hiiii serem ya... 😭).

Mudeng idak bukibuk? Hahahaaa ini Ibun juga nyontek dari mbah google 🤣 biar lebih jelas lagi bukibuk boleh cari referensi lain 😅. Etapi ini serius soalnya ini pengalaman Ibun, so lagi-lagi Ibun ingetin buat bukibuk terutama yang baru hamil anak pertama harus tahu soal ini. Biar nanti pas melahirkan gak buta-buta banget soal billirubin dan yang pastinya lebih siap jika billirubin si kecil diatas normal. Biar kita sama-sama tahu sedari dini, nah ini beberapa ciri-ciri bayi yang billirubinnya tinggi :

Bola mata bayi berwarna kuning yang harusnya putih
Bayi selalu mengantuk
Bayi lemas & jarang menangis
Warna kulit berubah menjadi kuning
Urine dan kotoran bayi terlihat lebih kuning.

Itu beberapa ciri-ciri umum billirubin bayi tinggi, untuk memastikan lebih lanjut biasanya dokter akan menyarankan untuk test darah. Kebanyakan mungkin diantara kita akan senang jika bayi tidur anteng, jarang menangis, padahal justru itu yang tidak baik (ini Ibun juga baru tahu dari dokter). Apalagi untuk bayi yang baru lahir, menangis justru membantu melatih paru-paru bayi.


Sekarang udah tahu kan bukibuk apa itu billirubin beserta ciri-cirinya. Semoga apa yang Ibun sharing ini bermanfaat. Untuk tahu apa penyebab billirubin tinggi dan cara menurunkannya, kita akan bahas di blog selanjutnya ya bukibuk. See yaa!!❤️

 

Salam sayang dari Alta & Ibun ❤️

 

Sumber gambar : google