1) Makanan bertepung

Meskipun Si Kecil doyan mengonsumsi makanan yang terbuat dari tepung seperti roti, sereal dan pasta, namun hindari memberikannya saat ia terserang diare. Karena makanan yang kaya karbohidrat ini akan menghasilkan gas saat dicerna, sehingga bisa memperparah diare.

source: http://www.seriouseats.com/tags/recipes/pasta

 

2) Susu dan Produk Turunannya

Susu mengandung gula yaitu laktosa yang dapat sulit dicerna apabila tubuh tidak memiliki cukup enzim laktase. Dengan mengonsumsinya sama saja dengan memperburuk diare. Hal sama berlaku dengan produk turunan susu seperti keju dan es krim.

source: http://www.mirror.co.uk/lifestyle/health/milk-best-you-weve-compared-8798421


 

baca juga

3) Jus Buah

Saat diare, Si Kecil membutuhkan asupan cairan yang agak banyak, tetapi hindari memberinya jus buah ya, ladies. Ada beberapa jenis buah yang mengandung gula yang disebut sorbitol yang menyebabkan produksi gas berlebih. Buah yang mengandung sorbitol itu di antaranya persik dan apel.

source: https://juiceonline.foodpanda.my/


 

4) Minuman Bersoda

Jangan pernah memberi anak minuman bersoda saat diare, meski ia bersikeras memintanya. Minuman bersoda cukup sulit dicerna oleh sistem pencernaan, sehingga bisa menghasilkan gas berlebihan. Minuman bersoda juga tinggi fruktosa yang membuat lambung tidak nyaman.

 

source: http://www.sfchronicle.com/bayarea/article/Supervisor-takes-cue-from-Berkeley-with-new-try-6843916.php


 

baca juga

5) Sayur Kubis atau Kol

Kubis adalah salah satu sayuran yang tinggi dengan serat larut yang menghasilkan gas saat dicerna. So, hindari memberikan kepada Si Kecil saat diare!

source: http://kediripost.com/tips-mencegah-kanker-payudara-dengan-memakan-kubis/

Semoga informasi tentang makanan yang harus dihindari anak saat diare ini bermanfaat ya, ladies!