1. Perhatikan Interaksi Pengasuh dengan Anak

Saat sedang memilih daycare, sebaiknya Moms langsung meninjau beberapa pilihan daycare yang masuk dalam listmu. Saat berada di sana, coba perhatikan interaksi antara pengasuh dan anak. Idealnya, pengasuh harus berada di lantai bermain dengan anak atau meletakkannya dalam pangkuannya. Pada tahun-tahun awal, bayi membutuhkan hubungan dekat, penuh cinta, dan interaktif dengan orang dewasa agar bisa berkembang. Itulah mengapa sangat penting agar pengasuh bayi bersikap hangat dan responsif. 
 
source: http://www.kindercare.com


 

2. Lakukan Pengecekan Aturan atau Kebijakan Daycare

Ibu bekerja tentu saja ingin memilih daycare yang terpercaya. Nah, untuk itu jangan lalai dan malas untuk mengecek kebijakan atau aturan daycare. Cari tahu apakah daycare terkait menerapkan pola pengasuhan yang sesuai dengan yang Moms inginkan, apakah anak dibiarkan terus menerus menonton TV, bagaimana pemberian makan, jadwal tidur,  dan sebagainya. Tanyakan pula tentang aturan apabila ada anak yang sakit. Sebaiknya Moms banyak bertanya saat berkunjung ke daycare, agar banyak mendapatkan informasi. 
 

source: http://www.motherforlife.com


 

baca juga

3. Perhatikan Fasilitas Daycare

Selain mengecek kebijakan daycare, Moms juga wajib memerhatikan fasilitas yang ada di sana. 
Apakah tempat itu memiliki fasiltas sesuai dengan kebutuhan bayi. Tentu saja, lingkungan daycare harus bersih, kedap suara, dan memiliki buku dan mainan yang sesuai dengan usia anak. Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah apakah bayi memiliki ruangan tidur dan bermain bersama dengan anak-anak lebih besar atau terpisah, jenis mainan aman dan tidak menimbulkan risiko tersedak. Selain itu, perhatikan pula kebersihan pengasuh yang berinteraksi dengan anak.
 

source: http://www.stronglittlesleepers.com


 

4. Rutin Berkomunikasi dengan Pengasuh

Ketika Moms sudah menjatuhkan pilihan pada daycare, maka Moms perlu mengakrabkan diri dengan pengasuh yang ada di sana. Moms akan sangat bergantung pada pengasuh untuk mengetahui kondisi dan hal yang dilakukan bayi selama di daycare. Oleh karenya, pastikan Moms membangun komunikasi yang nyaman satu sama lain. Saat menitipkan bayi di pagi hari, Moms harus memberi tahu pengasuh bagaimana si kecil tidur pada malam sebelumnya. Saat menjemputnya, maka coba tanyakan kepada pengasuh tentang aktivitas si bayi, bagaimana tidurnya, makan dan sebagainya. Selain itu, Moms  bisa minta untuk mengecek si bayi sewaktu-waktu lewat video call atau telepon di siang hari. 
 
source: http://www.pebbles-daycare.co.uk