Perhatikan Bentuk Makanan Yang Kamu Berikan


Saat memberikan MPASI pertama kali kamu harus benar-benar memperhatikan bentuk makanan yang kamu berikan. Cermati tekstur, ukuran, serta kepadatannya. Ada beberapa bentuk makanan yang sebaiknya kamu hindari untuk diberikan pada bayi, seperti misalnya makanan berukuran kecil, keras, bulat, dan lengket. Makanan dengan ciri-ciri tersebut dapat tertelan secara mendadak dan membuat bayi tersedak.
 

Perhatikan Bentuk Makanan Yang Kamu Berikan
source: https://perawatanbayi.com/


Karena itu, untuk MPASI pertama cobalah untuk memberikan menu makanan yang bertekstur halus dan lembut. Jika kamu ingin menerapkan metode BLW pun, pastikan bahwa kamu telah mengukus makanan hingga benar-benar lembut. Ukuran makanannya pun harus sesuai dengan genggaman si kecil.
 

Jangan Berikan Makanan Kaleng


Jangan pernah memberikan asupan makanan kaleng ataupun siap saji untuk bayi. Makanan kaleng memiliki kandungan garam yang sangat tinggi. Hal ini sangat berbahaya untuk tubuh bayi karena dapat mengakibatkan kegemukan dan diabetes. Selain itu, bayi yang sudah mengenal rasa akan menjadi lebih pemilih saat akan diberi makanan.
 

Jangan Berikan Makanan Kaleng
source: http://homestead-and-survival.com/


Solusinya, berikanlah asupakan makanan sehat tanpa adanya tambahan bumbu. Biarkan bayi mengonsumsi makanan bergizi sebelum diperkenalkan dengan rasa manis dan gurih.
 

baca juga

Masak Telur Hingga Matang


Jika kamu akan memberikan bayimu telur, pastikan telur yang kamu berikan sudah benar-benar matang. Hal sangatlah penting sebab telur yang belum matang dapat menyebabkan penyakit salmonelosis, atau penyakit pada pencernaan yang menimbulkan diare.

 

Masak Telur Hingga Matang
source: http://www.bayiindonesia.com/


 

Hindari Mengunyahkan Makanan Bayi


Saat menyuapi si kecil, ada beberapa hal yang perlu untuk kamu perhatikan. Yang pertama, hindari mengunyahkan makanan bayi. Mengunyahkan makanan bayi dianggap penting untuk membantu melunakkan makanan. Namun, kenyataannya hal ini dapat membahayakan sebab makanan yang sudah masuk ke mulutmu dapat terkontaminasi beragam bakteri dan kuman. Yang kedua, hindari meniupkan makanan bayi. Jika makanan bayimu masih panas, sebaiknya tunggulah hingga mendingin dengan sendirinya. Hindari meniup makanan karena juga dapat menyebarkan bakteri dan kuman pada makanan yang akan diberikan pada bayi.
 

Hindari Mengunyahkan Makanan Bayi
source: http://nakita.grid.id/


Nah, itulah tiga hal penting yang perlu untuk kamu pertimbangkan saat akan memberi makanan pendamping ASI pada bayi. Semoga bermanfaat, Moms!