Menjemur merupakan salah satu perawatan bayi yang dianjurkan untuk dilakukan secara rutin setiap pagi pada pukul 7-8 sebelum bayi dimandikan. Proses menjemur ini dilakukan saat matahari belum terik, sehingga dapat menghangatkan tubuh bayi dengan baik. Selain itu, ada banyak lagi manfaat yang didapatkan dari menjemur bayi, baik untuk menjaga kesehatan bayi maupun membantu tumbuh kembangnya, seperti :
 

Wah, Ternyata Ini Dia Manfaat Menjemur Bayi Di Pagi Hari
source: http://www.solusisehatku.com/


 

Manfaat Menjemur Bayi Untuk Kesehatan

1. Meminimalisir Kondisi Bayi Kuning

Bayi yang baru lahir biasanya sangat berisiko mengalami kuning disebabkan kadar bilirubin yang meningkat pada hari ke-3 hingga hari ke-5. Kemudian akan berangsur-angsur turun pada hari ke-7 hingga hari ke-10. Dengan rutin menjemur bayi dibawah sinar matahari, bilirubin dalam tubuh akan terpercah sehingga membantu menurunkan kadarnya hingga kembali normal. 

2. Menghangatkan Tubuh Bayi

Pada dasarnya, bayi baru lahir sangat mudah kedinginan. Oleh sebab itu, dengan rajin menjemurnya, kamu dapat membantu menghangatkan tubuhnya. Tidak hanya itu, dengan menghangatkan tubuh bayi, risiko alergi juga akan berkurang secara perlahan dengan mengurangi kandungan lendir dalam tubuhnya.

3. Menghindari Bayi Stress

Meskipun masih kecil, bayi ternyata juga bisa merasa stress, lho. Hal ini dapat diamati apabila bayi rewel dan sangat sulit untuk ditenangkan. Jika hal itu terjadi pada bayimu, cobalah untuk menjemurnya secara rutin. Hal ini sangat berkhasiat karena sinar matahari dapat membantu pelepasan hormon endorphin yang dapat menghilangkan stress.
 

Wah, Ternyata Ini Dia Manfaat Menjemur Bayi Di Pagi Hari
source: https://hellosehat.com/


 

baca juga

Manfaat Sinar Matahari Untuk Tumbuh Kembang

1. Vitamin D Untuk Tulang

Selain itu, menjemur bayi di bawah sinar matahari dalam memberikan asupan vitamin D yang penting untuk membantu kalsium terserap dalam darah sehingga dapat berkhasiat dengan cepat memperkuat pertumbuhan tulang. 

2. Memicu Hormon Serotonin

Hormon serotonin adalah hormon yang berfungsi sebagai neurotransmitter dalam otak yang berperan dalam mengatur suasana hati. Dengan rajin memaparkan sinar matahari langsung pada bayi, hormon serotonin akan terangsang untuk menghasilkan suasana hati yang lebih positif. Dengan kata lain, bayi akan lebih ceria dan tenang. 

3. Meningkatkan Peredaran Darah

Tidak hanya itu, paparan sinar matahari juga berperan dalam meningkatkan sirkulasi darah dengan melebarkan saluran pembuluh darah pada area kulit. Dengan begitu, nutrisi serta oksigen yang diangkut dalam darah akan lebih lancar diterima ke seluruh tubuh. 

 

Wah, Ternyata Ini Dia Manfaat Menjemur Bayi Di Pagi Hari
source: https://www.cosmomom.net/


Nah, itulah beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan dengan rutin menjemur bayi. Semoga bermanfaat, ya!