1. Pastikan Perutmu Selalu Terisi Makanan

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan memberi asupan makanan pada tubuh. Meskipun ibu hamil biasanya akan sulit untuk makan, kamu tetap harus mengusahakan untuk mengisi perut. Setiap ibu hamil memiliki kecenderungan yang berbeda untuk masalah sumber mual. Namun, mayoritas disebabkan oleh makanan dengan bau menyengat. Hindari makanan yang memiliki bau menyengat, dan pilihlah makanan dengan rasa yang tidak terlalu kuat.
 

source: https://www.familyeducation.com/


 


2. Jaga Asupan Cairan Tubuh

Di awal kehamilan, ibu hamil yang sedang mengalami morning sickness akan merasa semua makanan dan minuman membuatnya mual. Sebagian wanita bahkan merasakan air mineral yang tawar juga dapat memicu rimbulnya mual. Apabila hal itu terjadi, kamu harus waspada karena dapat terancam dehidrasi. Jadi, cobalah untuk tetap memasok kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi buah-buahan segar dengan kandungan air tinggi seperti semangka, apel, dan jeruk.
 

source: https://vicinito.com/


 

baca juga


3.  Lakukan Relaksasi Tubuh

Lupakan semua beban pikiran yang menumpuk di benakmu. Hal ini penting untuk membuat tubuhmu menjadi lebih stabil. Khususnya bagi para ibu yang bekerja, mengingat setumpuk deadline pekerjaan akan menimbulkan stres, lelah, dan berakibat tubuh menjadi lemah dan tak stabil. Tidak ada salahnya untuk melupakan sejenak beban tersebut dan fokus pada awal kandunganmu.
 

source: https://www.upshox.com/


 


4.  Aroma Terapi Segar

Bau yang kuat dan tajam akan membuat morning sickness pada ibu hamil semakin menjadi-jadi. Karena itu, cobalah untuk mencari aroma terapi dengan nuansa segar untuk menutupi bau-bauan tajam dari makanan dan benda-benda lain. Kebanyakan para ibu hamil akan menyukai aroma terapi dengan bau segar seperti buah-buahan atau bunga. Kamu bisa memilihnya sendiri untuk mengetahui seleramu.
 

source: https://www.massagemag.com/


 

baca juga


5. Jahe dan Pepppermint

Jahe dan peppermint dapat kamu andalkan untuk meminimalisir atau bahkan menghilangkan rasa mual dan muntah yang mengganggu hari-hari awal kehamilanmu. Cobalah untuk membuat menu makanan dengan memasukan dua bahan ini ke dalamnya. Selain itu, gunakan juga untuk menyeduh air, misalnya dengan membuat air hangat jahe. Tapi ingat, penggunaannya tetap harus dalam pengawasan dokter, ya! Jangan sampai berlebihan.
 

source: https://www.livestrong.com/


Nah, itulah lima langkah praktis untuk menghilangkan rasa mual dan muntah di awal kehamilan. Selamat mencoba, Moms!