Assalamu'alaykum, Halo moms!

Bagaimana kabar moms semua di musim penghujan ini? Semoga selalu sehat dan tetap semangat ya moms. Kalau musim hujan bawaannya cepat lapar dan jadi pengen ngemil ya moms. Mau beli diluar, malas karena hujan takut becheks 😊 Kenapa ga coba bikin cemilan yang bisa difrozen aja mom! Cemilan yang bisa moms taro di freezer dan siap digoreng saat moms ingin santap.

Kali ini saya akan share resep American Risoles atau banyak juga yang menyebut Risoles Smoked Beef Mayo. Nah kali ini saya tambahkan keju cepat leleh supaya tambah endeus. Yuk moms dicoba.



American Risoles

Bahan Dadar:
300 gram tepung terigu
2 sdm tepung tapioka/sagu
1 sdt garam
2 sdm margarin leleh
600-650 ml susu cair (jumlah susu sesuaikan dengan tekstur Dadar yang diinginkan ya moms)

Bahan Isian
6 lembar smoked beef, tumis sebentar, potong memanjang
1 kotak keju cepat leleh, potong memanjang
3 buah telur rebus, potong-potong
Secukupnya mayonaise

Bahan Pencelup
5 sdm terigu
1 butir telur
Secukupnya susu cair

Bahan Pelapis
250 gram tepung panir atau tepung roti halus



Cara membuatnya

1.  Buat dadar terlebih dahulu. Campur semua bahan dadar kemudian aduk rata. Bisa juga aduk menggunakan mixer atau blender. Saring adonannya terlebih dahulu ya moms agar gerindil tepung tersaring, jadi hasil dadar bisa halus. 

2. Panaskan teflon dengan api kecil saja, saya disini pakai teflon ukuran 22 cm. Olesi sedikit margarin, lalu lap lagi dengan tisu. Tuang 1 sendok sayur adonan dadar kemudian ratakan. Panaskan sampai pinggiran dadar mengering, langsung angkat saja ya moms, tidak perlu dibalik.



3. Sekarang kita mulai isi dadar. Siapkan dadar, tata irisan smoked beef, keju cepat leleh, dan telur rebus, lalu tuangkan mayonaise di atasnya. Gulung dadar seperti biasa membuat risoles.

4. Kemudian celupkan risoles ke bahan pencelup. Cara membuat bahan pencelupnya hanya campur semua bahan, nah jumlah susu disesuaikan saja moms, sampai adonan bertekstur cair.

5.  Setelah masuk ke bahan pencelup, gulingkan risoles ke bahan pelapis. Moms bisa gunakan tepung panir atau tepung roti halus. Bebas saja moms.



6. Sampai step ini sebenarnya sudah selesai. Moms bisa langsung goreng risolesnya, kemudian sajikan hangat dengan tambahan saus sambal. Tapi kalo ingin jadikan stok, masukkan ke dalam wadah kedap udara. Jangan lupa untuk meletakkan plastik bersih diantara tumpukan risoles agar tidak terlalu menempel ketika ingin digoreng. Simpan di freezer insyaa Allah tahan 1 minggu.



Bagaimana moms, mudah kan? Selamat mencoba ya.