Yuk, simak tips mendidik anak agar mandiri berikut ini :

1) Minta anak melakukan kegiatan rutinnya sendiri

Di usia preschool, si kecil biasanya sudah memahami perintah orangtua. Jadi, sejak usia ini kamu sudah bisa melatihnya untuk melakukan kegiatan sehari-hari yang terkait dengan dirinya, contohnya melepas sepatu, kaos kaki, mencuci tangan, merapikan kembali mainannya setelah digunakan, mengancing resleting dan sebagainya. Kebiasaan yang dilakukan secara berulang-ulang itu, niscaya akan membentuk kemandirian dalam diri si kecil lho.

1)  Minta anak melakukan kegiatan rutinnya sendiri
source: http://healthlivingyoga.com/5329/highly-useful-and-innovative-gadgets/


 

baca juga

2) Latih dengan meninggalkannya di rumah

Kalau misalnya kamu harus keluar kota untuk beberapa hari, maka jangan cemas untuk meninggalkan buah hatimu di rumah bersama orang terpercaya. Kalaupun si kecil merengek dan menangis ingin ikut, hal itu akan terjadi hanya sementara. Sebelum pergi, kamu perlu pamit dan mengatakan kalau kamu akan kembali bertemu dengannya segera.

2) Latih dengan meninggalkannya di rumah
source: https://www.todaysparent.com/kids/preschool/separation-anxiety-when-a-parent-travels/


 

3) Jangan selalu ikut campur urusan anak

Meski anak belum bisa menyelesaikan masalahnya sendiri, tapi tidak berarti kamu sebagai orangtuanya harus selalu ikut campur urusannya. Kalau ia menemui kesulitan, berikan kesempatan untuk menyelesaikannya dan tahan diri untuk membantunya. Tapi, kalau memang itu berkaitan dengan hal yang bisa membahayakan anak, maka segeralah bertindak ya, ladies!

 

3) Jangan selalu ikut campur urusan anak
source: http://kcraft.info/album/mother-kids.html


 

baca juga

4) Beri kesempatan anak menentukan pilihan sendiri

Di usia balita, si kecil sudah bisa menentukan pilihannya sendiri lho, ladies. So, beri ia kesempatan dengan menanyakan hal-hal yang ia inginkan, seperti menu makanan, mainan, acara televisi dan lain-lain. Dengan demikian, si kecil akan terlatih sedari kecil untuk menentukan pilihan yang dihadapinya kelak.

 

4) Beri kesempatan anak menentukan pilihan sendiri
source: http://foreverychildinc.com/home.html

Semoga tips mendidik agar anak mandiri di atas membantumu ya, ladies. Good luck!