1) Introspeksi diri kamu terlebih dahulu

Coba perhatikan kenapa karakter keras kepala, bandel dan sulit diatur bisa muncul? Biasanya ada beberapa faktor penyebab, salah satunya adalah meniru orang terdekatnya. Jika ternyata kamu suka marah-marah dan bertengkar dengan suami atau orang lain, maka jangan heran kalau si kecil jadi ikut keras kepala dan tak mau diatur ya! Nah, kamu perlu introspeksi diri, dan sebelum mengubah karakter si kecil, ubahlah karaktermu terlebih dahulu.

source: http://thethinkingmomblog.com/tag/mom/


 

2) Hadapi dengan sabar dan lembut

Kamu tahu kan ladies, kalau permukaan keras bersinggungan dengan permukan keras, maka akan menimbulkan tekanan. Nah, begitu pula dengan anak yang keras kepala. Jika dihadapi dengan keras, malah akan membuat keras kepalanya bertambah parah. Oleh karenanya, usahakan menghadapi si kecil dengan sabar dan lembut ya. Kelembutanmu akan bisa meluluhkan hati buah hatimu.

source: http://www.compassionart.tv


 

baca juga

3) Hindari memaksakan sesuatu kepada si kecil

Hendaknya kamu jangan pernah memaksakan sesuatu kepada si kecil. Contohnya memaksanya makan sayur. Lebih baik pancing keinginan si kecil dengan melakukan aktivitas menyenangkan agar ia mau makan sayur. Segala sesuatu yang dipaksakan itu tidak baik lho, dan bisa jadi si kecil malah akan membencimu.

source: http://journeydownthescale.info/mngmrif-mad-kid-png.asp


 

4) Pilih waktu dan tempat tepat untuk menasehatinya

Memberi nasehat kepada anak itu sangat penting, tapi kamu harus pandai-pandai memilih waktu dan tempat untuk menasehati si kecil ya. Hindari menasehati si kecil saat ia sedang rewel dan bad mood. Selain itu, jangan pernah menasehatinya di depan banyak orang, karena akan membuatnya malu. Gaya bahasa saat menasehati juga harus kamu perhatikan. Sebaiknya gunakan intonasi lembut tapi tegas dan pilihan kalimat positif.

source: http://www.parents.com/kids/development/social/get-your-kid-to-chat/
Itu dia tips mendidik anak yang keras kepala. Semoga bermanfaat!