Bersepeda


Salah satu cara melatih motorik anak adalah dengan mengajaknya bersepeda. Sempatkan waktu untuk bersepeda bersama anak pada pagi atau sore hari. Permainan ini tidak hanya baik untuk kesehatannya, tetapi juga dapat mengoptimalkan kemampuan motorik kasar si kecil. Pastikan kamu mengajaknya ke beberapa tempat yang berbeda, seperti jalan berkelok, jalan berputar, atau bahkan turunan dan tanjakan.
 

Bersepeda
source: https://www.pinterest.com/


 

Bermain Bola


Selain bersepeda, kamu juga dapat melatih motorik anak dengan melakukan permainan bola bersama anak. Tidak harus sepak bola, beragam permainan dengan bola seperti basket, baseball, atau bahkan volli dapat menjadi pilihanmu. Pilihlah lokasi bermain yang memang luas sehingga dapat membuat anak lebih leluasa dalam bergerak.
 

Bermain Bola
source: http://thebestinaz.com/


 

baca juga

Berlari


Jika kamu memiliki kebiasaan berolahraga dengan jogging keliling perumahan, cobalah untuk mengajak si kecil ikut serta denganmu. Dengan begitu, kamu dapat membiasakan pola hidup sehat sekaligus memberikan aktivitas penunjang kemampuan gerak motorik kasarnya. Kamu dapat melakukannya setiap weekend sambil melakukan refreshing bersamanya.
 

Berlari
source: http://www.unexpectedfaces.org/


 

Bermain di Taman


Jika di dekat rumahmu terdapat taman dengan area bermain anak, cobalah untuk mengajaknya ke sana. Di taman bermain, anak dapat melakukan beragam aktivitas seperti memanjat, mendorong, dan melompat-lompat. Pastikan kamu selalu memastikan semua peralatan bermain dalam keadaan baik dan terus mengawasi anak saat bermain.
 

Bermain di Taman
source: http://littletikescommercial.com/


 

baca juga

Berenang


Terakhir, cobalah untuk mengajaknya berenang setiap satu bulan atau dua minggu sekali. Saat berenang, anak akan belajar untuk mendorong tangan dan kakinya agar dapat bergerak di dalam air. Selain baik untuk melatih pernafasan dan ototnya, kemampuan motorik anak juga akan semakin terlatih dengan aktivitas ini.
 

Berenang
source: https://offspring.lifehacker.com/


Nah, itulah kelima aktivitas permainan anak yang dapat meningkatkan kemampuan motorik kasarnya. Cobalah untuk membuat jadwal rutin anak dalam bermain agar hasilnya dapat diperoleh secara optimal.