Diabetes Pada Anak


Penyakit diabetes yang diderita anak pada dasarnya sama seperti diabetes yang diderita orang dewasa :

  • Diabetes Melitus Tipe I

Yang pertama, diabetes melitus tipe satu merupakan sebuah kondisi saat tubuh anak kekurangan hormon insulin. Hal ini terjadi akibat kelenjar pankreas yang tidak dapat berfungsi dengan baik untuk memproduksi hormon insulin. 

  • Diabetes Melitus Tipe II

Berbeda dengan tipe pertama, pendertita diabetes melitus tipe kedua memiliki kelenjar pankreas yang masih berfungsi dengan baik. Akan tetapi, tubuh anak tidak dapat merespon produksi dari hormon insulin tersebut. Akibatnya, kadar gula dalam tubuh anak tetap tidak dapat dikendalikan.

 

source: https://www.modernmom.com/


 

Penyebab Diabetes Pada Anak


Kondisi-kondisi tersebut tidak terjadi begitu saja, melainkan juga dari beragam pola hidup tidak sehat dari sang anak. Berikut ini adalah sejumlah penyebab penyakit diabetes pada anak yang perlu kamu waspadai :

1. Makanan Yang Tidak Sehat

Memberikan anak asupan makanan yang tidak sehat dapat memicu timbulnya diabetes pada si kecil. Beberapa makanan yang memiliki kandungan kalori dan gula tinggi seperti makanan manis dan makanan cepat saji dapat menjadi penyebab utama penyakit diabetes melitus.

2. Tubuh Obesitas

Kebanyakan orang tua menganggap bahwa anak yang banyak makan dengan tubuh gemuk adalah anak yang sehat. Padahal, hal tersebut sangatlah berbahaya karena dapat memicu penyakit diabetes pada si kecil. 

3. Infeksi Kelenjar Pankreas

Anak memiliki tubuh yang sangat rentan dengan serangan bakteri dan virus. Apabila bakteri dan virus ini menyerang kelenjar pankreas, akan ada kemungkinan terjadi disfungsi pankreas sehingga produksi hormon insulin menjadi bermasalah. Inilah yang pada akhirnya mengakibatkan penyakit diabetes pada anak. 
 

source: http://wset.com/features/


 

baca juga

Gejala Diabetes Pada Anak


Untuk mengidentifikasi adanya potensi penyakit diabetes pada anak, kamu perlu mengenali beberapa gejala berikut ini :

1. Penurunan Berat Badan

Anak yang terjangkit penyakit diabetes melitus biasanya akan mengalami penurunan berat badan dengan jumlah yang cukup signifikan. Padahal, anak masih memiliki selegra makan yang tinggi dengan banyak mengonsumsi beragam makanan. Kondisi ini perlu kamu antisipasi sebagai gejala diabetes pada anak.

2. Polifagi

Saat anak sering merasa lapar, ada kemungkinan ia sedang mengalami gejala polifagi. Gejala ini muncul akibat kadar insulin dalam tubuh tidak sesuai dengan kebutuhan, sehingga asupan gula yang dikonsumsi segera dibakar menjadi energi. Itulah yang menyebabkan anak menjadi sering merasa lapar. 

3. Polidipsi

Tidak hanya lapar yang terus menerus, rasa haus yang berlebihan juga menjadi salah satu tanpa anak terkena diabetes. Hal ini terjadi akibat produksi insulin yang berlebihan tubuh tidak maksimal menyebabkan tubuh menjadi kekurangan cairan serta dehidrasi.  
 

source: https://www.huffingtonpost.com/


 

Mengatasi Diabetes Pada Anak


Untuk menghadapi anak yang terkena diabetes, kamu dapat melakukan beberapa upaya pengobatan baik itu secara alami ataupun medis seperti :

1. Menu Makanan Sehat

Hindari pemberian asupan makanan dengan kadar kolesterol dan gula tinggi. Sebaliknya, berikanlah asupan makanan sehat seperti seperti sayur, buah, dan makanan kaya protein lain.

2. Rutin Olahraga

Jika sudah memberikan menu makanan sehat untuk si kecil, pastikan kamu juga selalu mengajaknya untuk rutin berolahraga. Tidak hanya baik untuk tumbuh kembangnya, olahraga juga mampu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh anak. 

3. Ramuan Tradisional

Jika anak sudah terjangkit diabetes, kamu dapat mencoba mengobatinya dengan beragam ramuan tradisional, seperti brotowali, mahkota dewa, kunyit, serta mengkudu. 

4. Penanganan Medis

Lakukan pemeriksaan diabetes kepada ahli kesehatan tidak boleh dilewatkan untuk memantau kondisi keseluruhan si kecil. Pastikan untuk terus berkonsultasi dalam meminimalisir diabetes pada anak. 

5. Edukasi

Ajarkan anak untuk mengenal penyakit diabetes. Hal ini penting karena untuk membiasakan pola hidup sehat, harus ada motivasi dan kesadaran dari si kecil. Perkenalkan anak beragam pola hidup sehat, mulai dari menu makanan yang bergizi dan kebiasaan berolahraga. Beritahu juga risiko makan makanan manis dan cepat saji yang berbahaya baginya.
 

source: https://health.usnews.com/


Nah, itulah beberapa hal penting yang harus kamu ketahui mengenai penyakit diabetes pada anak. Semoga bermanfaat, Moms!