1. Flubby Jelly

Mainan sensori ini hits banget di kalangan mamak-mamak yang menggunakan metode Montessori dalam menstimulasi perkembangan buah hatinya. Flubby Jelly yang dipopulerkan oleh Mom Elvina Lim Kusumo dari Indonesia Montessori ini menggunakan jelly sebagai bahan utamanya. Cara bikinnya gampil surampil, pasti semua Moms di sini bisa buat deh.
 

1. Flubby Jelly
source: https://indonesiamontessori.com/diy-flubby-jelly/
Bahan:
  1. 1 bungkus jelly kemasan
  2. Pewarna makanan (opsional)
  3. 1 liter air
Cara Membuat:
  1. Rebus jelly bersama air dan masak sampai mendidih
  2. Dinginkan sampai mengeras, boleh juga dimasukkan kulkas supaya ada sensasi dingin
  3. Flubby jelly siap dimainkan
Dari permainan ini, selain menstimulasi indera peraba (taktil) anak juga bisa menstimulasi kemampuan berbahasanya, karena anak bisa mengenal kosakata baru, misalny: licin, kenyal, lunak, dan sebagainya. Kemampuan anak mengenal warna juga bisa terasah dengan aneka jelly beraneka warna yang dimainkan. 

2. Moon Sand

Moon Sand adalah salah satu mainan sensori yang menggunakan tepung terigu sebagai bahan utamanya. Permainan ini mencoba membuat tekstur tepung terigu yang sangat lembut menjadi lebih padat. Bagaimana cara membuatnya? Yang pasti masih supergampil kok.
 

2. Moon Sand
source: http://loveandlaundry.com/kids-craft-homemade-moon-sand.html#_a5y_p=4378981

Bahan:

  1. Tepung terigu
  2. Baby oil
  3. Nampan
  4. Pewarna makanan (opsional)
Cara Membuat: 
  1. Letakkan tepung terigu ke dalam sebuah nampan
  2. Campurkan tepung terigu dan baby oil dengan perbandingan 1:3
  3. Moon sand siap dimainkan
Dari permainan ini, anak bisa merasakan anek tekstur seperti lembut, padat, kasar, dan sebagainya. Kemampuan berbahasa anak dan pengenalan warna juga bisa terstimulasi. Selain itu, moon sand ini versi DIY dari kinetic sand. Lumayan menghemat pengeluaran kan, Moms?
 
baca juga

3. Oobleck

Masih dari sensory play bertema kotor-kotoran alias messy play, oobleck ini akan disukai si kecil karena sangat seru dimainkan. Dan pastinya, cara membuatnya juga sangat mudah. Penasaran kan?

3. Oobleck
source: https://unsophisticook.com/oobleck-recipe/

Bahan:

  1. 500 gram tepung maizena
  2. Air
  3. Pewarna makanan
  4. Wadah/toples
Cara Membuat:
  1. Tuang tepung maizena ke dalam wadah
  2. larutkan tepung maizena dalam segelas air
  3. Tuangkan air sedikit demi sedikit ke dalam wadah tepung maizena
  4. Oobleck siap dimainkan
Mainan sensori ini dapat menstimulasi anak agar berani menyentuh sesuatu yang licin dan lengket. Selain itu, bisa menguatkan otot-otot tangan dengan gerakan menggenggam, meremas dan memeras. Kemampuan bahasa juga terstimulasi dengan mengenal dan merasakan tekstur licin, keras, beku dan lumer.

Nah, itu tadi aneka resep DIY mainan sensori yang bisa Mos gunakan saat mengajak si kecil bermain. Untuk mengantisipasi messiness yang ditimbulkan dari permainan ini, Moms bisa gunakan playmat sebagai alas bermain.

Selamat seru-seruan bersama si kecil, Moms!

3. Oobleck
source: https://happyhooligans.ca/sensory-bins/