1. Perlekatan yang Benar

Di awal-awal menyusui, mungkin Moms ada yang merasakan sensasi perih dan lecet pada puting. Hal ini karena lidah newborn yang masih kasar. Dalam beberapa hari, masa-masa ini akan berakhir. Namun akan terus terjadi jika perlekatan bayi tidak tepat saat menyusu. Maka, usahakan bayi melekat dengan benar pada payudara Moms supaya menyusui tidak menyakitkan lagi.

source: https://www.womenshealth.gov/breastfeeding/learning-breastfeed/getting-good-latch

2. Salep Khusus Puting Payudara

Saat si kecil mulai memasuki fase menggigit puting, sediakan selalu salep khusus puting yang dioles sebelum dan setelah menyusui. Salep ini mengandung lanolin yang berfungsi untuk menyembuhkan puting yang luka atau pecah-pecah. Penggunaan salep ini sebelum menyusui akan menyamankan puting meski si kecil menggigit. At least, kalau digigit enggak sesakit kalau puting belum dioles salep ini. Enggak perlu dibilas setelah dioles, karena salep ini non toxic sehingga aman kalaupun ada sedikit yang masuk mulut.
 

source: https://id.pinterest.com/pin/420945896391315857/?lp=true
baca juga

3. Tetap Santai

Saat si kecil menggigit, usahakan untuk bersikap sesantai mungkin. Karena kalau Moms heboh bereaksi saat si kecil menggigit puting, bisa-bisa dia malah ketagihan menggigit karena menganggap reaksi Moms menarik dan lucu. Memang sih, puting digigit itu sakit banget. Tapi supaya si kecil enggak mengulangi ulahnya, lebih baik santai saja menghadapinya.

source: http://fancypancakes.blogspot.co.id/2011/03/whats-problem-with-toddler-nursing.html

4. Beri Pengertian

Sebelum mulai sesi menyusui, Moms bisa katakan pada si kecil bahwa menyusu tidak boleh menggigit. Kalau Moms rajin mengatakan dan mensugestinya, lama-lama dia akan paham bahwa menyusu tidak boleh menggigit. Tapi sekali lagi, ngomongnya enggak perlu yang heboh atau sambil ngamuk-ngamuk. Bisa-bisa anak menganggapnya lucu dan akan dia ulang-ulang terus supaya mendapat reaksi yang sama. Moms cukup bilang, "Adek, nenen itu enggak sambil nggigit ya." Begitu terus.
 

source: http://www.parenting.com/article/breastfeeding-a-toddler
baca juga

Nah, itu saja sedikit cara yang bisa Moms lakukan supaya bisa menyusui tanpa lecet puting. Semoga bermanfaat, Moms. Enjoy your breastfeeding moments!
 

source: http://images.parenting.mdpcdn.com/sites/parenting.com/files/styles/story_detail/public/P1108KQA_Brstfeedtoddler_A_389528.jpg?itok=zZ-KSlku