1. Berikan Bantuan Tapi Jangan Berlebihan

Bayi bisa duduk tidak melalui proses instan melainkan perlu mendapatkan bantuan dari orangtua. Untuk awal, coba bantu bayi untuk mencoba duduk dengan memeganginya atau dudukkan ia di pangkuanmu. Bagian punggung bayi yang belum kuat, akan tertopang tubuh Moms sehingga bayi akan belajar menyeimbangkan tubuhnya secara perlahan. Setelah kemampuan duduk bayi semakin terlihat, maka coba dudukkan ia di sofa. Tapi, Moms harus menemani si bayi dengan duduk di sampingnya. Apabila bayi tampak tidak seimbang, maka ulurkan tangan mungilnya ke depan untuk menopang tubuhnya. 
 
1. Berikan Bantuan Tapi Jangan Berlebihan
source: http://www.momjunction.com


 

2. Biarkan Bayi Belajar Duduk Sendiri

Saat bayi akan terjatuh atau terguling saat proses duduk, sudah menjadi naluri orangtua untuk menangkap bayi. Terjatuh memang perihal yang mengkhawatirkan, tapi kalau Moms terus-terusan memegang bayi, maka malah tidak membantu bayi untuk melalui proses belajar duduk. Apabila melihat bayi tampak mulai kehilangan keseimbangan, gunakan tangan untuk mencegahnya jatuh, tapi hindari memegang seluruh tubuhnya. Lalu, biarkan ia kembali untuk melanjutkan proses belajarnya. Lewat proses ini, bayi akan belajar bahwa agar mencegahnya terjatuh maka ia perlu menggunakan tangan untuk menopang tubunya. Agar proses belajar ini tetap aman, maka letakkan selimut di sekitar bayi untuk menciptakan permukaan yang lembut.
 

2. Biarkan Bayi Belajar Duduk Sendiri
source: https://www.shutterstock.com


 

baca juga

3. Gunakan Mainan

Seorang bayi belajar untuk menopang tubuhnya dengan tangan sekitar usia 4 atau 5 bulan. Untuk mendorong bayi mengangkat tangannya, coba pegang mainan di depannya agar meraih mainan tersebut. Sebaiknya gunakan mainan yang agak besar yang bisa dipegang kedua tangan, agar bayi terpancing mengangkat kedua tangannya. 
 

3. Gunakan Mainan
source: http://www.helpontheway.com.au


 

4. Penggunaan Bumbo Seat

Alternatif lain untuk melatih bayi duduk adalah dengan menggunakan bumbo seat. Bumbo seat merupakan kursi khusus yang dapat digunakan bayi yang sudah cukup kuat untuk menegakkan kepala dan baru ingin belajar duduk, atau dalam rangka persiapan pemberian MPASI. Permukaan bumbo seat sangat lembut sehingga bayi akan merasakan proses belajar yang menyenangkan. Selain itu, memang dirancang untuk mendorong bayi duduk tegak. Bumbo seat ini dapat digunakan pada bayi umur 3-14 bulan, dengan catatan ia sudah mulai dapat menegakkan kepalanya sendiri.
 

4. Penggunaan Bumbo Seat
source: https://www.bumbousa.com