1. Menggunakan Air Mendidih

Kesalahan pertama adalah ketika membuat susu formula dengan air mendidih atau yang terlalu panas. Padahal untuk melarutkan susu bubuk formula hanya membutuhkan temperatur sekitar 70 derajat Celcius. Jika menggunakan air yang terlalu panas atau mendidih, dikhawatirkan bisa melukai bibir Si kecil dan tentunya ia tidak bisa memegang boto susu karena terlalu panas. 

Duh! Ini 4 Kesalahan Ketika Menyiapkan Susu Formula
source: http://SheKnows.com

2. Membuat Susu Tak Sesuai Takaran 

Saat membuat susu dengan takaran yang asal-asalan tentunya bukan tidak menimbulkan dampak negatif buat Si kecil. Karena kandungan gizi yang terdapat dalam susu formula sangat bermanfaat dalam tumbuh kembang bayi. Jika menuangkan bubuk susu formula tanpa sesuai takaran, maka bisa menyebabkan bayi susah buang air besar dan dehidrasi. Selain itu jika susu terlalu sedikit, maka akan membuat bayi kekurangan nutrisi. 

Duh! Ini 4 Kesalahan Ketika Menyiapkan Susu Formula
source: http://carseatexperts.com
baca juga

3. Menyentuh Ujung Karet Dot 
 

Sengaja atau tidak sengaja menyentuh ujung dot tempat bayi menghisap susu akan membuat karet dot tidak steril. Hal itu karena kita tidak mengetahui terdapat kuman atau tidak pada tangan yang bisa membuat bayi terinfeksi dan kekebalan tubuh terganggu. Mengapa moms wajib menjaga kebersihan botol susu bayi? Hal ini karena kekebalan tubuh bayi masih sangat rendah dan ia masih sangat rentan terkontaminasi bakteri atau kuman. 

Duh! Ini 4 Kesalahan Ketika Menyiapkan Susu Formula
source: https://www.womenshealth.gov

4. Menghangatkan susu dalam microwave

Cara cepat yang salah adalah ketika ingin membuat susu formula dengan memanaskan dalam microwave. Hal tersebut tentunya akan berbahaya bagi bayi karena bisa membuat mulut atau lidah Si kecil terbakar. Selain itu yang yang tidak kalah penting saat menyiapkan susu bubuk formula yaitu mencuci dengan air dan sabun khusus atau memasak botol dengan air mendidih untuk membunuh kuman dan bakteri. 

Duh! Ini 4 Kesalahan Ketika Menyiapkan Susu Formula
source: https://www.wikihow.com