Cuti Hamil Menurut Undang-Undang

Indonesia sudah mengatur segala hak wanita bekerja dalam hal terkait cuti hamil dalam Pasal 82 UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, sebagai berikut :

  1. Pekerja perempuan memiliki hak untuk memperoleh masa cuti atau istirahat selama 1,5 bulan sebelum dan 1,5 bulan sesudah melahirkan berdasarkan referensi dari perhitungan dokter kandungan atau bidan. Jika diakumulasi, total cuti ibu melahirkan adalah 3 bulan.
  2. Pekerja perempuan hamil yang mengalami keguguran kandungan memiliki hak untuk memperoleh masa cuti atau istirahat selama 1,5 bulan atau mengikuti surat keterangan dari dokter kandungan atau bidan.
Wajib Tahu, Ini Dia Hak-Hak Cuti Hamil Yang Kamu Dapatkan Dari Kantor
source: http://amrullahnugraha.blogspot.com/


 


Cara Pengajuan Cuti Hamil/Melahirkan

Setiap pekerja wanita memiliki hak untuk mengajukan cuti hamil atau melahirkan. Untuk dapat mengajukannya, pekerja dapat memberikan pengajuan secara lisan maupun surat tertulis kepada manajemen kantor terkait periode persalinan yang diprediksi 1,5 bulan. Jika sudah diajukan, manajemen harus segera mengabulkan permohonan cuti tersebut.

 

Wajib Tahu, Ini Dia Hak-Hak Cuti Hamil Yang Kamu Dapatkan Dari Kantor
source: http://serwisy.gazetaprawna.pl/


Apabila sudah mendapatkan hak cuti, pekerja perempuan yang sudah melahirkan anaknya, harus segera mengirimkan pemberitahuan kepada manajemen perusahaan bahwa ia sudah melahirkan anak dalam waktu 7 hari setelah persalinan. Kamu juga perlu memberikan bukti kelahirananak dalam periode waktu 6 bulan setelah melahirkan. Bukti ini dapat berupa surat kelahiran dari rumah sakit atau akta lahir.
 

baca juga


Jika Kelahiran Terjadi Lebih Awal

Tidak dipungkiri, proses kelahiran yang terjadi lebih awal dari prediksi seperti kelahiran prematur juga mungkin terjadi pada ibu bekerja. Biasanya, saat itu sang pekerja perempuan belum sempat mengajukan masa cuti kepada pihak manajemen kantor. Jika hal itu terjadi, kamu akan tetap memperoleh masa cuti melahirkan dengan total akumulasi sama seperti kelahiran normal, yaitu 3 bulan.

 

Wajib Tahu, Ini Dia Hak-Hak Cuti Hamil Yang Kamu Dapatkan Dari Kantor
source: http://www.growthbusiness.co.uk/


Kamu juga dapat mengajukan cuti hamil sesuai dengan kebutuhan dengan total akumulasi cuti sebanyak 3 bulan. Jadi, kamu bisa mengajukan 1 bulan sebelum melahirkan san 2 bulan setelah melahirkan.
 


Gaji Saat Cuti Hamil/Melahirkan

Selama periode 3 bulan cuti hamil/melahirkan, kamu tetap mendapatkan hak berupa gaji penuh. Dengan kata lain, perusahaan tetap wajib membayarkan hak upah kamu sebagai karyawan meskipun sedang dalam periode cuti hamil/melahirkan.
 

Wajib Tahu, Ini Dia Hak-Hak Cuti Hamil Yang Kamu Dapatkan Dari Kantor
source: http://www.mirror.co.uk/


 

baca juga


Hak Cuti Pekerja Yang Istrinya Melahirkan/Keguguran

Para pekerja yang merupakan suami dari ibu yang melahirkan atau mengalami keguguran juga mendapatkan hak cuti kerja selama 2 hari dengan hak mendapatkan upah penuh dari perusahaan tempat ia bekerja.
 

Wajib Tahu, Ini Dia Hak-Hak Cuti Hamil Yang Kamu Dapatkan Dari Kantor
source: https://allresultbd.com/


Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui terkait hak cuti hamil dan melahirkan yang akan kamu dapatkan dari kantor. Semoga bermanfaat, Moms!