1. Stimulasi Kognitif

Tahu enggak Moms, dari kegiatan sensorial yang Moms lakukan bersama anak, seperti menuang air ke dalam beberapa wadah yang berbeda misalnya, anak akan belajar banyak hal. Misalnya bagaimana cara agar bisa menuang air tanpa tumpah, seberapa penuh air yang dituang supaya air tidak beleber ke mana-mana, dan sebagainya. Dengan begitu, saraf-saraf yang ada di otak anak akan semakin bersambungan, sehingga hal ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir atau kognitif si kecil.
 

1.	Stimulasi Kognitif
source: http://www.howwemontessori.com/how-we-montessori/2012/11/water-activities-for-toddlers.html

2. Stimulasi Bahasa

Salah satu kegiatan sensori yang mampu meningkatkan kemampuan berbahasa anak adalah dengan membuat DIY playdough. Dengan membuat adonan sendiri, anak bisa mengenal istilah atau kata dengan mengenal dan menyentuh bendanya secara langsung. Misalnya kata licin, lengket, halus, kasar, padat, kenyal. Itu semua kata abstrak kan, Moms? Dengan pengalaman langsung, anak akan lebih mudah memahami makna sebuah kata.
 

2.	Stimulasi Bahasa
source: https://id.pinterest.com/explore/play-doh-accessories/?lp=true
baca juga

3. Stimulasi Motorik Halus dan Koordinasi Mata Tangan

Kegiatan mentransfer pompom dengan capitan misalnya, memiliki banyak manfaat bagi perkembangan si kecil. Selain akan merangsang motorik halusnya yang akan berguna bagi kemampuan menulisnya kelak, si kecil juga belajar bagaiman mengkoordinasikan mata dan tangannya, supaya pompom bisa terjepit sempurna dan bisa dipindahkan dari satu wadah ke wadah lain.
 

3.	Stimulasi Motorik Halus dan Koordinasi Mata Tangan
source: https://laughingkidslearn.com/fine-motor-pom-pom-pick-activity-kids/

4. Stimulasi Motorik Kasar

Selain motorik halus, aspek motorik kasar anak juga akan terasah melalui kegiatan sensorial misalnya berlari, melompat, melempar, dan sebagainya. Kegiatan fisik lain seperti berjalan di atas papan titian juga dapat menstimulasi indera vestibularnya sehingga dapat meningkatkan keseimbangannya.
 

4.	Stimulasi Motorik Kasar
source: https://id.pinterest.com/njensen521/gross-motor-activitys-for-indoors/?lp=true
baca juga

5. Stimulasi Kreativitas dan Imajinasi

Ada satu jenis permainan sensori yaitu open-ended play di mana anak dibebaskan bereksplorasi seluas-luasnya terhadap bahan-bahan bermain mereka. Hal ini tentu bisa meningkatkan kreativitas dan imajinasi di kecil yang bermanfaat besar untuk kepercayaan dirinya kelak.
 

5.	Stimulasi Kreativitas dan Imajinasi
source: http://mumcentral.co.uk/activities/open-ended-play#.WjWipvBl9dg

Tentunya masih banyak sekali manfaat lain dari permainan sensorial misalnya dapat memberikan efek menenangkan kepada si kecil sehingga mereka tidak mudah bosan atau rewel. Selain itu permainan sensorial juga bisa mengembangkan kemampuan problem solving si kecil saat menuang, memindahkan, melempar dan sebagainya.
 

5.	Stimulasi Kreativitas dan Imajinasi
source: https://30seconds.com/mom/tip/13887/Sensory-Play-4-Neuro-diverse-Sensory-Activities-Any-Kid-Will-Enjoy

Dengan melihat berbagai manfaat yang akan didapatkan si kecil dari permainan sensorial, semoga bisa membuat Mommies lebih bersemangat lagi dalam membersamai si kecil bermain ya. Karena, play is child's work.