1. Kompres Air Hangat

Sebelum dan setelah menyusui, sebaiknya Moms mengompres payudara dengan air hangat. Air hangat akan merelakskan saraf-saraf payudara dan mengurangi rasa nyeri akibat puting lecet. Selain itu, air hangat bisa mencegah kuman muncul dari puting yang lecet sehingga bisa menghindari terjadinya infeksi. 

source: https://obgynwc.com/what-you-need-to-know-about-sore-nipples/

2. Oles dengan Nipple Balm

Nipple balm mengandung bahan seperti lanolin yang berfungsi merawat puting payudara yang lecet atau pecah-pecah. Selain itu, salep ini berguna untuk menyamankan puting payudara meski sempat tergigit oleh si kecil. Jadi meski digigit, tidak akan seperih kalau Moms tidak mengolesi puting payudara dengan nipple balm sebelumnya.

source: https://thenerdyfarmwife.com/three-nursing-balms-for-new-mothers/
baca juga

3. Istirahatkan Payudara

Kalau puting lecet parah, sebaiknya enggak usah menyusui dulu, Moms. Atau kalau hanya sebelah yang lecet, payudara yang lecet itu jangan dipakai menyusui langsung dulu. Moms bisa memompa payudara tersebut supaya tidak mengganggu produksi ASI dan mencegah terjadinya komplikasi yang lebih parah, misalnya engorgement atau mastitis. ASI hasil perahan juga masih bisa diminumkan ke si kecil kok, Moms! Jadi jangan khawatir akan asupan nutrisi si kecil meski Moms sedang tidak bisa menyusui langsung.

source: https://www.tommeetippee.us/parent-room/how-do-i-start-breast-pumping

4. Hubungi Dokter

Jika sudah melakukan ketiga cara tadi namun kondisi puting belum membaik bahkan terjadi komplikasi yang lebih serius, misalnya mastitis, Moms harus segera menghubungi dokter. Karena bisa saja Moms mengalami infeksi yang menyebabkan payudara bernanah sehingga ASI sudah tidak sehat dikonsumsi lagi. Biasanya dokter akan meresepkan antibiotik. Namun tetap bijak dalam menggunakan antibiotik ya, Moms!

source: http://www.writeopinions.com/doctors-visit
baca juga

Nah, semoga cara-cara di atas berguna ya, Moms! Tetap semangat menyusui meski puting sedang lecet. Karena, menyusui itu harus dengan keras kepala!

source: http://womenslifestyle.com/the-opportunity-to-pay-forward-the-gift-of-life-in-a-few-simple-steps/