1. Terkena Pilek dan Batuk

Saat mencium bayi bakteri dan kuman seperti batuk, flu, dan pilek ikut berpindah dari mulut orang yang mencoum ke pipi atau bibir si kecil. Akibat yang akan ditimbulkan adalah si kecil ikut tertular. Kenapa penyakit ini bisa tertular? Flu, batuk, pilek, sakit kepala, akan menular lewat percikan ludah orang dewasa berada di dekat bayi apalagi menciumnya. Nah, ada baiknya jauhkan bayi moms dari orang-orang yang sedang terkena flu dan minta mereka untuk menggunakan masker saat berada di dekat si kecil. 

STOP! Ini Bahaya yang Akan Muncul Jika Bayi Sering Dicium
source: https://bundoo.com

2. Virus Herpes Simpleks (HSV)

Herpes simpleks adalah penyakit yang diakibatkan oleh virus yang menyerang bagian kulit, mulut, dan alat kelamin. Jika Si kecil dicium dengan orang lain yang sudah terkena herpes, maka virus ini akan cepat menular, terutama melalui percikan air ludah. Nah jika sekali Si kecil terinfeksi virus herpes, maka virus akan berdiam di dalam tubuhnya, sehingga ada kemungkinan herpes kambuh di kemudian hari. Ada baiknya moms membersihkan wajah Si kecil jika sudah terlanjur dicium orang lain dan segera memerikasakan kondisinya ke dokter. 

STOP! Ini Bahaya yang Akan Muncul Jika Bayi Sering Dicium
source: http://medicaldaily.com
baca juga

3. Meningitis Bakteri

Perlu moms ketahui bahwa, bakteri meningitis merupakan kondisi serius dan bisa mengakibatkan kematian setelah beberapa jam terinfeksi. Sebagian besar orang dengan meningitis bakteri dapat pulih, namun berisiko meninggalkan kecacatan permanen, seperti kehilangan fungsi pendengaran, ketidakmampuan belajar, maupun kerusakan otak. Nah, bayi memiliki peningkatan risiko terkena meningitis bakteri dibandingkan dengan orang dewasa. Bakteri yang dapat menyebabkan meningitis pada bayi adalah streptokokus grup B.

STOP! Ini Bahaya yang Akan Muncul Jika Bayi Sering Dicium
source: https://linkedin.com

4. Cacar Air 

Tentunya ini penyakit yang paling menakutkan karena mudah sekali menular. Cacar air ini disebabkan oleh virus varicella-zoster dan mudah menular dengan cara “kontak” dengan seseorang yang terinfeksi kepada Si kecil. Cacar air merupakan infeksi yang sangat menular, bahkan 90% dari orang-orang yang sebelumnya tidak menderita cacar air (belum memiliki imunitas cacar air) akan terinfeksi ketika kontak langsung dengan virus tersebut. Terlebih bayi yang belumm memiliki imunitas yang tinggi dan tentunya akans angat mudah terinfeksi`

STOP! Ini Bahaya yang Akan Muncul Jika Bayi Sering Dicium
source: https://independent.co.uk