1. Susu tinggi lemak

Jika sebelumnya moms selalu menyiapkan sarapan pagi suami dengan susu yang tinggi lemak, ada baiknya hentikan untuk sementara. Karena menurut penelitian yang dilakukan oleh uman Reproduction pada 2013 bahwa, pria dewasa yang mengonsumsi susu tinggi lemak dua kali adalam sehari maka akan menurunkan kesuburan sperma. Selain itu, menurut penelitian yang diterbitkan Fertility and Sterility pada 2014, menyatakan bahwa pria yang lebih sedikit mengkonsumsi susu lemak tinggi akan menghasilkan 33 persen sperma lebih banyak. 

source: https://www.electronicproducts.com

2. Minuman dengan Pemanis Buatan

Studi Human Reproduction menyatakan bahwa pria dewasa yang hobi mengonsumsi minuman dengan pemanis buatan seperti seperti soda, teh kemasan, atau minuman energi, maka akan berdampak buruk pada kualitas sperma. Nah, dampaknya sama seperti halnya dengan mengonsumsi minuman beralkohol. Penelitian ini mengungkapkan bahwa minuman dengan pemanis buatan ini dapat meningkatkan risiko resistensi insulin yang kemudian menyebabkan stres oksidatif dan merusak kesuburan sperma.
 

source: http://www.agoramedia.com
baca juga

3. Daging Olahan

Makanan yang berasal dari dagng olahan seperti nugget, smoke beef dan juga sosis tentunya menggunakan bahan pengawet yang tak baik untuk kesuburan. Bahkan Sebuah penelitian yang menyatakan bahwa, orang yang suka mengonsumsi daging olahan tidak akan memiliki sperma yang sehat seperti pria yang mengonsumsi daging asli segar. Hal ini disebabkan oleh bahan kimia yang dapat merusak kinerja hormon tubuh pada saat pengolahan daging.Duh, dikurangi ya, moms memask daging olahan. 

source: https://vegusto.co.uk

4. Olahan Kedelai

Makanan selanjutnya  yang harus dihindari oleh suami adalah berbagai produk olahan kedelai, seperti tahu, susu kedelai, peyek atau kacang kedelai goreng. Sebuah penelitian menyatakan bahwa, terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung kacang kedelai bisa menyebabkan sperma turun sebanyak 32 persen.

source: https://www.finchannel.com