1. Wanita 
 

  • Siklus mentruasi tidak teratur
Salah satu ciri-ciri wanita tidak subur bisa dilihat dari siklus menstruasinya yang tidak teratur bahkan haid datang beberapa bulan sekali. Normalnya, siklus menstruasi wanita berkisar sekitar 28 hari sampai 35 hari. Nah, siklus haid yang tidak teratur ini bisa disebabkan karena adanya ketidakseimbangan hormon. 
  • Terlalu Gemuk atau Terlalu Kurus

    Wanita dengan fisik terlalu gemuk atau terlalu kurus umumnya termasuk berat badan yang tidak normal. Hal ini bisa mengurangi tingkat kesuburan seorang wanita
 
  • Sakit Luar Biasa Saat Menstruasi
Rasa sakit yang tak tertahankan setiap menstruasi bisa disebabkan karena tumbuhnya jaringan endometriosis atau yang disebut kista. Nah,  Endometriosis ini adalah suatu kondisi yang sering dikaitkan dengan ketidaksuburan.
  • Jumlah Darah Menstruasi Terlalu Banyak atau Terlalu Sedikit

    Tanda wanita tidak subur lainnya adalah darah menstruasi yang terlalu banyak atau terlalu sedikit.  Perlu diketahui darah menstruasi yang terlalu sedikit atau terlalu banyak bisa saja menandakan infertilitas organ reproduksi kamu. 

source: https://www.babyhopes.com

2. Pria
 

  • Masalah Fungsi Seksual
Ciri pria yang mengalami fungsi seksual seperti sulit mencapai ejakulasi, volume cairan sperma yang jumlahnya sedikit, kurangnya keinginan untuk berhubungan seksual, atau kesulitan mempertahankan ereksi.
  • Hasrat Seksual Berkurang
Tanda pria tidak subur selanjutnya adalah kurangnya keinginan untuk berhubungan seks dan 
kemungkinan besar kondisi ini disebabkan oleh masalah hormon. 
  • Rambut Rontok atau Kebotakan Dini 

Kadar hormon testoteron yang rendah maka bisa menyebabkan pria menjadi tidak subur. Hal ini sering ditandai dengan kebotakan dini atau rambut rontok secara terus menerus
 
source: https://chicagoreader.com