1. Influenza

Penyakit ini langganan banget deh saat musim hujan tiba. Biasanya kalau anak habis kehujanan dan daya tahan tubuhnya lagi enggak fit, gejala-gejala influenza akan segera muncul. Dari demam, hidung tersumbat, batuk-batuk, yang membuat si kecil tidur enggak nyenyak. Kalau flu mulai melanda, jangan buru-buru ke dokter untuk minta diresepkan obat, Moms. Lakukan dulu home treatment seperti diuap dengan minyak kayu putih plus air hangat, perbanyak konsumsi vitamin C dari buah-buahan, juga makan makanan dan minuman hangat seperti sup ayam dan teh lemon madu.

1. Influenza
source: https://www.webmd.com/children/ss/slideshow-safe-medicine-use-for-children

2. Diare

Penyakit ini juga sering muncul saat musim hujan karena kondisi lingkungan yang relatif lebih kotor dibanding saat musim lain. Saat anak terserang diare, jangan beri antidiare ya, Moms! Karena sebenarnya, penatalaksanaan diare adalah dengan pemberian Cairan Rehidrasi Oral (CRO) seperti Oralit, dan sebagainya. Sebenarnya, diare adalah mekanisme pengeluaran racun pada tubuh anak sehingga malah lebih baik dikeluarkan, bukan dimampatkan. Asal saat anak terus-menerus BAB, segera pebuhi kebutuhan cairannya dengan CRO agar tidak terjadi dehidrasi yang mengancam jiwa anak.

2. Diare
source: http://hoiannow.com/diarrhea-in-children/
baca juga

3. Penyakit Kulit

Gatal-gatal sering muncul saat musim hujan karena kondisi lingkungan yang lebih kotor sehingga memungkinkan lebih banyak nyamuk di sekitar rumah. Saat si kecil terserang gatal, segera beri salep anti gatal atau losion pengurang gatal ya, Moms. Hindari menggaruk karena akan meninggalkan bekas pada kulit si kecil. Sebaiknya Moms perhatikan juga kuku si kecil agar tidak sampai panjang. Karena kuku panjang dan digunakan untuk menggaruk akan membuat gatal makin parah serta berbekas. 

3. Penyakit Kulit
source: https://sg.theasianparent.com/putting-a-stop-to-the-scratching-and-itching/

4. Demam Berdarah

Banyaknya nyamuk yang berkembang biak pada musim hujan menyebabkan penyebaran virus dengue penyebab Demam Berdarah Dengue makin meluas. Hati-hati, jangan sampai si kecil ikut terdampak ya, Moms! Waspadai gejala DBD jika dalam 5 hari demam si kecil masih naik turun. Apalagi jika sudah terlihat bintik-bintik merah di bawah permukaan kulitnya. Segera bawa si kecil ke rumah sakit untuk ditangani lebih lanjut karena akibatnya akan sangat fatal jika DBD terlambat ditangani.

4. Demam Berdarah
source: http://pediatric-house-calls.djmed.net/treating-fever-in-infants-children-and-teens/
baca juga

Jadi, itulah empat penyakit anak yang sering muncul saat musim hujan. Semoga Moms semua bisa menjaga anak-anak dari penyakit-penyakit itu ya! Salam sehat selalu, Moms!