Bayi Kedinginan


Bayi yang kedinginan biasanya akan memiliki kulit belang-belang merah dan putih. Ia juga akan terlihat lebih diam dan hanya sedikit melakukan pergerakkan. Selain itu, bagian ujung-ujung jari dan bibirnya juga akan membiru. Tidak jarang, bayi yang kedinginan juga akan terlihat mengigil dengan bibir, tangan, dan kakinya yang bergetar.

Selain tanda yang terlihat, Beautynesian juga bisa mengetahui apakah bayimu kedinginan dengan memeriksa suhu tubuhnya. Kamu bisa membandingkan suhu tubuhmu dan tubuhnya dengan meletakkan telapak tanganmu pada telapak tangan dan kaki si kecil. Bayi yang kedinginan akan memiliki telapak tangan dan kaki yang jauh lebih dingin dibandingkan suhu tubuhmu yang normal. Untuk lebih akurat, lebih baik jika Beautynesian memeriksa kondisi bayimu dengan termometer yang bisa dipasang di ketiak atau mulutnya.

source: https://www.babycenter.com/0_colds-in-babies_78.bc


 

Bayi Kepanasan


Selain kedinginan, bayimu juga bisa kepanasan lho, Beautynesian. Kepanasan yang dimaksud berbeda dengan sakit demam ya. Demam terjadi karena tubuh si kecil yang tidak fit terkena virus atau bakteri sehingga sekujur tubuh teritama dahinya menjadi sangat panas. Sedangkan, kepanasan bada bayi biasanya disebabkan oleh faktor lingkungan sekitarnya, seperti cuaca yang sangat terik, ruangan sangat sempit tetapi dipenuhi barang, dan kurangnya udara dingin di sekitar bayimu. Selain itu, jika bayimu hanya kepanasan, suhu tubuhnya akan tetap normal, yaitu sekitar 36,5-37,5 °C.

Bayi yang kepanasan biasanya akan terlihat gelisah. Ia tidak dapat diam dan setiap posisi tubuhnya selalu terasa salah. Kulit si bayi juga akan memerah dan menjadi lebih kering dibanding kondisi kulit normalnya, termasuk bibirnya yang mengering dan pecah-pecah. Selain itu, jika bayimu berkeringat banyak di kepala, rambut, ketiak, dan dahi sehingga pakaiannya menjadi basah, bisa dipastikan bahwa bayimu sedang kepanasan lho!

source: http://www.tribunnews.com/kesehatan/2013/04/29/normalkah-bayi-usia-dua-bulan-terus-keringatan
baca juga


Itulah tanda bayi kedinginan atau kepanasan yang wajib diketahui oleh para orangtua. Yuk, tingkatkan kepekaan terhadap kondisi bayi yang sedang kedinginan atau kepanasan, sehingga dapat segera kita atasi!