0-3 Bulan

Moms, hal pertama yang perlu kamu tahu mengenai tahap perkembangan bayi adalah Bayi baru lahir memiliki beberapa refleks, yaitu: :

  • Refleks Rooting. Saat sudut mulut disentuh, ia akan mengikuti kemana arah sentuhan tersebut. Hal ini berguna pada saat ia menemukan puting payudara
  • Refleks hisap. Refleks hisap merupakan respon dari refleks rooting. Saat bayi sudah bisa menemukan benda yang menyentuh mulutnya, ia akan menghisapnya.
  • Refleks Moro. Saat bayi terkejut karena mendengar suara keras misalkan, ia akan mengangkat ke dua lengannya. 
  • Refleks genggam. Bayi akan refleks mengenggam benda atau tangan kita saat kita menyentuhkannya ke telapak tangan bayi.


Di usia 1 sampai 3 bulan bayi mulai belajar mengontrol otot-otot tubuhnya. Otot bayi sudah lebih kuat sehingga ia sudah bisa menahan lehernya. Bayi mulai suka memasukan tanganya ke mulut dan menggerakan tungkai dan lengannya lebih aktif. Pada rentang usia ini, bayi sudah mengeluarkan lebih banyak suara selain tangisan.  Tangisan bayi sudah mulai bisa dibedakan lho Moms; apakah bayi sedang mengantuk, lapar, tidak nyaman atau alasan lain. 

Nah Moms, selain memperbanyak kontak fisik dengan bayi sebagai bentuk bonding antara orang tua dan anak, kemampuan motorik bayi juga perku dirangsang. Berilah mainan yang bisa digenggam, mengeluarkan bunyi, dan berwarna-warni. 

0-3 Bulan
source: https://static.pexels.com/photos/161709/newborn-baby-feet-basket-161709.jpeg

4-6 Bulan

Perkembangan bayi pada usia 4-6 bula,  refleks yang dibawanya sesaat setelah lahir akan berangsur hilang. Pada masa ini bayi sudah mulai menegakkan kepalanya dengan lebih stabil. Bayi sudah mulai belajar berguling ke kanan dan kiri, atau tengkurap dan telentang dengan pengawasan orang tua. Si kecil juga sudah merasakan serunya bermain jari tangan dan kaki lho Moms, ia mulai suka menarik jari kakinya sampai ke mulut.Usia 6 bulan, beberapa bayi sudah bisa duduk sendiri tanpa berpegangan. 

Kemampuan komunikasi bayi juga sudah meningkat Moms, ia sudah mampu mengoceh sendiri dan merespon kata-kata orang disekitarnya dengan suara. Si kecil sudah mulai mengenal orang-orang yang familiar dengannya, dan sudah mengerti dengan kata "tidak". 
Untuk menstimulasi kemampuan bayi di rentang usia ini, Moms harus sering mengajaknya bercerita dan komunikasi. Awasi benda-benda di sekitarnya ya Moms, jangan-jangan ia salah memasukan benda berbahaya ke mulutnya.

Oh iya Moms, Bayi usia 6 bulan sudah bisa diberi makanan padat, penuhi gizi dan nutrisinya sedari dini agar tumbuh kembangnya optimal ya Moms
 

4-6 Bulan
source: https://static.pexels.com/photos/266004/pexels-photo-266004.jpeg
baca juga

7-9 Bulan

Tak terasa ya si kecil sudah berusia 7 bulan. Anak pada rentang usia ini sudah bisa diajak "bermain" ni Moms. Karena si kecil sudah mulai memperluas lingkup interaksinya. Pada usia ini bayi sudah mulai belajar berpindah, dari mulai duduk, menggulingkan tubuhnya untuk berpindah tempat, merangkak dan beberapa anak ada yang sudah mulai merambat bahkan mulai melangkahkan kaki untuk berjalan.

Motorik halus bayi juga sudah mulai berkembang baik, ia sudah mulai meraih dan menggenggam benda apa yang ia kehendaki. Tidak hanya memegangnya Moms, ia juga mulai mengamati bentuk, warna, dan ukuran benda yang dipegangnya. Si kecil mulai bisa memungut benda-benda berukuran kecil Moms, harus lebih waspada nih Moms.

7-9 Bulan
source: https://static.pexels.com/photos/698878/pexels-photo-698878.jpeg

9-12 Bulan

Bayi sudah mulai lancar merambat, bahkan ada yang sudah mulai berjalan tanpa berpegangan meski masih pelan.Si kecil sedang semangatnya "belajar" jalan dengan cara merambat atau meraih tangan Moms untuk menggandengnya. Ia semangat menjelajah semua rumah dan lingkungannya. Memang perlu tenaga ekstra sih Moms, tapi apa sih yang enggak buat buah hati? ya kan Moms?

Dari segi perkembangan motorik halus, bayi sudah mulai bisa memasukan dan memainkan makananya saat acara makan berlangsung. Bayi sudah mulai belajar memahami perintah kita, dan bersemangat untuk membuah dan mengambil benda atau mainanya kembali. 
Pada tahap ini, Kamu sudah bisa melatih motorik kasar dan halusnya dengan cara bermain bersama. Sering-sering bacakan dongeng dan melihat gambar ya Moms. Karena ia sudah mulai suka dengan gambar dan cerita.

Semangat membersamai si kecil ya Moms. 

9-12 Bulan
source: https://static.pexels.com/photos/459953/pexels-photo-459953.jpeg