Saat Arsen lahir dan saya masih berada di ruang pemulihan, suami memberikan informasi bahwa ada tanda biru disekitar tangan kanannya. Cukup banyak, tapi menurut dokter itu bukan suatu hal yang di khawatirkan.

Sorenya, saya lihat memang betul ada tanda lahirnya. Biasanya kan tanda lahir di sekitar bokong atau punggung ya, tapi ini di tangan dan lumayan sih banyak. Sempet agak worried ini beneran gapapa gak ya.

Setelah tanya dokter memang itu lumrah pada bayi untuk ada tanda lahir gitu. Biasanya memang bukan di tangan tapi ibu ngga harus khawatir. Biasanya keturunan juga, kalau bapak/ibunya ada tanda lahir, anaknya bisa ikutan juga.


Setelah di rumah, saya coba browsing-browsing apa sih itu, bisa ilang ngga yaa, sampai kapan kira-kira. Dan ternyata namanya adalah Mongolian Spot

Mongolian Spot merupakan bercak kebiruan yang umumnya terlihat pada bayi dari ras Asia, India Timur, Indian dan Afrika yang biasanya berkulit gelap. Penyebabnya adalah beberapa pigmen yang tidak berhasil muncul ke lapisan kulit terluar ketika kulit bayi dalam proses pembentukan.
(Sumber : http://nakita.grid.id/read/022236/tanda-kebiruan-pada-bokong-bayi-baru-lahir?)

Mongolian Spot itu sendiri tidak membutuhkan perawatan khusus ya mommy karena tidak berbahaya dan biasanya semakin anak besar akan semakin hilang. Arsen juga semakin lama semakin memudar. Dari awal lahir yang warnanya biruuuu banget sampai sekarang yang kadang tidak terlalu kelihatan.

Tanda lahir pada bayi memang tidak hanya Mongolian Spot saja, tetapi juga ada ragam lainnya yang bisa dibaca disini

Untuk mommy-mommy yang anaknya juga ada Mongolian Spot, yuk kita toss 😋😋