1. Bermain Cilukba

Permainan sederhana yang sudah ada sejak zaman dahulu kala ini masih menjadi permainan ampuh untuk membuat bayi tertawa lho, Moms! Saat si kecil dalam posisi terlentang atau duduk, Moms bisa mengajaknya bermain cilukba. Tidak perlu alat apapun untuk melakukan permainan ini. Cukup dengan menutup muka Moms sambil berkata "Ciluuuuk" lalu tahan agak lama, baru katakan, "Baaaaa!" sambil mengarahkan pandangan kepada si kecil. Dijamin si kecil tertawa terbahak-bahak dan ingin mengulangi lagi.

source: http://www.smosh.com/smosh-pit/articles/better-in-japan-peek-boo

2. Bermain Ekspresi Wajah


Si kecil yang mulai aware dengan kondisi di sekitarnya akan suka dengan permainan ekspresi wajah ini. Moms bisa memperagakan berbagai jenis ekspresi mulai dari senang, sedih, marah, takut, jijik, kaget, dan sebagainya. Selain dapat membuat si kecil tertawa, permainan sederhana ini juga dapat menstimulasi kecerdasan visual serta melatih kemampuan berekspresi si kecil, lho!
source: https://id.pinterest.com/pin/546202261039472955/?lp=true
baca juga

3. Menirukan Suara Binatang

Bayi mana yang tidak suka dengan binatang? Moms bisa mengenalkan binatang pada si kecil lewat suara-suara binatang yang Moms tirukan. Dijamin bayi tertawa senang. Sebaiknya lengkapi permainan ini dengan menggunakan boneka, boneka jari, atau kisah yang pendukung yang sesuai. Permainan ini juga sekaligus menstimulasi aspek kognitif bayi, Moms!

source: https://www.groupon.com/latest-deals/gg-10-animal-finger-puppets

4. Memberi Sentuhan Lembut

Sentuhan termasuk bahasa kasih yang disukai para bayi, sehingga dengan menyentuh lembut tubuhnya, dijamin akan membuat bayi senang dan bahagia. Kalau bayi sudah bahagia, dijamin mereka akan lebih sering tertawa daripada menangis. Untuk melakukan ini, Moms hanya perlu memposisikan tangan seperti menjumput lalu usapkan lembut pada tubuh bayi. Tapi jangan tergoda untuk menggelitikinya ya, Moms! Bayi tertawa saat digelitiki belum tentu senang, lho! Bisa jadi hal itu adalah mekanisme tubuh mereka untuk mengekspresikan ketidaknyamanan.

source: https://beautyhealthtips.in/tips-to-massage-a-new-born-baby/
baca juga

5. Bermain dengan Cermin

Cermin termasuk salah satu benda yang akan menarik perhatian bayi. Moms bisa menghadapkan bayi pada sebuah cermin, dan bayi pun akan takjub melihat bayangan wajahnya yang terpantul pada cermin. Mereka akan tertawa senang lho, Moms! Selain dengan cara itu, Moms juga bisa menyiapkan sebuah buku yang terdapat cermin di dalamnya. Namun pastikan bahwa cermin itu aman, tidak akan lepas dan melukai bayi. Untuk bayi yang lebih kecil, bisa menggunakan kertas mengilat yang didesain seperti cermin sehingga relatif aman dipegang bayi.

source: https://www.whattoexpect.com/playroom/playtime-tips/why-babies-love-mirrors.aspx

Nah, ternyata membuat bayi tertawa bahagia sangat mudah ya, Moms! Semoga cara-cara di atas berguna buat Mommies yang ingin membuat bayi selalu tertawa bahagia. Selamat bersenang-senang bersama si kecil, Moms!